7 Pendatang Baru Dunia Hiburan yang Menggebrak di 2018

Senin, 31 Desember 2018 – 17:10 WIB
Marion Jola. Foto: Instagram/lalamarionmj

jpnn.com - Perhatian publik tertuju kepada mereka, para pendatang baru di industri hiburan. Para selebriti baru tersebut tidak hanya segar, tapi juga punya talenta dan pesona yang mengejutkan. They got the spotlight!

Dari ribuan bakat, ada beberapa nama yang patut dapat apresiasi ekstra. Mereka punya karya apik. Pencapaian maupun rekor yang membanggakan sudah dikantongi. Proyek untuk tahun-tahun mendatang juga sudah jelas dan menjanjikan. Nah, ada tujuh nama keren -dari tanah air hingga Hollywood, serta dunia akting dan musik- yang sukses mencuri perhatian sepanjang tahun ini. (hay/c19/jan)

BACA JUGA: Marion Jola Ukir Sejarah di Seoul

The Boyz

Sebagai pendatang baru, The Boyz amat berhasil mencuri perhatian fans. Boyband yang menjalani debut pada Desember 2017 itu sudah mengumpulkan enam piala untuk kategori rookie. Media Korea juga menjuluki The Boyz sebagai all center group, alias grup yang semua personelnya menonjol dan layak jadi sorotan.

BACA JUGA: Selamat! Marion Jola Boyong Piala Mama 2018

Padahal, The Boyz tidak berasal dari manajemen besar dan bukan bentukan program survival. Label mereka cermat mengenalkan seluruh 12 personel. Sebelum debut, boyband pelantun No Air tersebut dikenalkan lewat variety show Flower Snack. Acara yang ditayangkan di YoutTube itu sukses memikat penggemar Korea dan internasional. Belum lagi, ada personel yang aktif di kegiatan solo. Misalnya, Ju Haknyeon dan Sunwoo yang tampil di acara survival plus Younghoon yang tampil di klip video I.O.I.

Setelah debut, para personel juga langsung tancap gas. Dalam setahun, The Boyz merilis tiga minialbum dan satu single. Mereka juga punya show sendiri yang tayang di kanal YouTube 1theK. ''Kami menekankan kesan segar dan muda, tapi tetap karismatis,'' ucap New, salah seorang member. Image segar tersebut juga ampuh menarik pihak pengiklan. The Boyz juga laris tampil di variety show dan acara radio, baik sebagai grup maupun individu.

BACA JUGA: Keren, Marion Jola Jadi Bintang Tamu MAMA 2018 di Korea

Lantaran baru berusia setahun, boyband itu tidak mematok target muluk-muluk. ''Kami ingin lebih dikenal dan dapat kesempatan menjajal banyak hal,'' tegas leader The Boyz, Sangyeon.

Jennie

Musisi, 22

I'm going solo..

Yup, setelah sukses ''meneror'' pendengar dengan Ddu Du Ddu Du, BLACKPINK masih punya senjata rahasia. Yakni, Jennie. Bulan lalu musisi asuhan YG Entertainment itu bersolo karir dan merilis single Solo. Hasilnya, boom! Meledak.

Single tersebut memuncaki 40 chart iTunes. Member BLACKPINK itu juga tercatat sebagai solois K-pop cewek yang kali pertama memuncaki Worldwide Song Chart Apple. Klip videonya juga ikut memecahkan rekor. Dalam waktu 24 jam, Solo sudah ditonton 14,6 juta kali dan dapat 1,7 juta likes. Menyalip rekor Palette, single duet IU dan G-Dragon.

Buat Jennie, bersolo karir tidak cuma menguntungkan dirinya. Namun juga membuat BLACKPINK lebih berkembang. ''Kami berkesempatan mengeksplorasi musik baru. Sebab, ada konsep yang cocok untuk grup dan solo,'' paparnya. Pendengar pun bisa melihat sisi lain musisi idolanya. Sebelum tergabung dengan BLACKPINK, dia pun sempat tampil duet dengan musisi YG Entertainment lainnya.

Tahun 2018 jadi tahun yang sibuk buat musisi yang besar di Selandia Baru itu. Jennie mendapatkan tawaran tampil di banyak variety show. Dia juga ditunjuk jadi duta Chanel untuk Korea. Tahun ini dia diundang mengikuti show dan pemotretan Chanel di Paris. Meski sukses di karir solonya, Jennie tetap fokus pada BLACKPINK. ''Kami ingin jadi grup yang disukai semua orang, baik penggemar maupun bukan,'' ucapnya.

Letitia Wright

Aktris, 24

Tanpa Shuri, Black Panther alias T'Challa tidak bakal punya senjata dan kostum canggih. Film Black Panther pun akan terasa kering karena adik raja Wakanda tersebut punya kepribadian seru. Tak berlebihan kalau fans harus berterima kasih kepada Letitia Wright, pemeran Shuri. Debutnya di film blockbuster itu sukses besar.

Perannya sebagai ''otak'' persenjataan dan pertahanan canggih Wakanda juga banyak dipuji. ''Peran ini aku dedikasikan buat para perempuan yang terjun di bidang teknologi,'' papar aktris kelahiran 31 Oktober 1993 itu.

Aktingnya sebagai Shuri juga berlanjut di Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame yang rilis tahun depan. Dia juga akan beradu akting dengan John Boyega di Hold Back the Stars. Dia juga masuk proyek Guava Island yang dibintangi Rihanna dan disutradarai Donald Glover.

Wright merintis karir di usia 17 tahun. Meski terbilang terlambat, penggemar Keke Palmer itu punya kiprah oke. Karirnya melejit setelah tampil di Urban Hymn pada 2015. Michael Caton-Jones, sutradara film itu, menilai, aktris muda tersebut menjanjikan. ''Dari syuting film kami, aku bisa menilai, dia adalah bakat brilian yang menjanjikan,'' papar sutradara yang menemukan bakat Leonardo DiCaprio itu.

Akting Wright tidak hanya membuat film menarik ditonton. Mengutip data Fandango akhir pekan lalu, dia merupakan aktris dengan penghasilan film box office tertinggi tahun ini. Pada 2018, dia mendapat peran kunci di Black Panther, Avengers: Infinity War, Ready Player One, dan The Commuter. Bayarannya mungkin belum setinggi rekan Avengers lainnya. Namun, film-filmnya sepanjang tahun ini mampu menghasilkan total pendapatan USD 1,55 miliar (Rp 22,57 triliun).

Dua Lipa

Musisi, 23

Karier musik Dua Lipa mirip-mirip seperti musisi milenial lainnya. Sebelum bergabung dengan label pada 2015, dia adalah seorang artis cover YouTube. Lipa memulai karir profesional sebagai opening act di konser Troye Sivan, Bruno Mars, hingga Coldplay.

Pada Juni 2017, Dua Lipa, album perdananya, dirilis. ''Perkenalan'' itu dapat sambutan hangat. Lagu-lagunya -terutama IDGAF dan New Rules- jadi earworm, menempel di telinga.

Awal 2018, Lipa membikin sensasi. Jadi seniman perempuan dengan nominasi terbanyak -total lima nominasi- di Brit Awards. Dia berhasil memboyong piala dari kategori British Female Solo Artist dan British Breakthrough Act. Pada April, video klip New Rules tercatat sudah ditonton semiliar kali. Lipa jadi artis termuda yang mampu menembus rekor view itu.

Kesempatan berkolaborasi makin besar. Lipa bekerja sama dengan Calvin Harris hingga Blackpink. Proyek itu dimuat di album reissue Dua Lipa: Complete Edition.

Penggemar Chris Martin itu menjelaskan, Dua Lipa adalah berkah patah hati. Di proses penulisan album pada 2016, dia putus dengan kekasihnya. Lipa berhasil mengubah rasa sedihnya jadi lagu yang powerful. ''Aneh memang. Hal-hal emosional semacam itu justru membikinku kreatif, tapi suasana gembira enggak berpengaruh,'' tegasnya.

Lipa belum puas. Pada Mei, dia mengisyaratkan bakal merilis album kedua. ''Albumnya akan sangat 1980-an, karena terinspirasi banget oleh Prince dan OutKast,'' terangnya. Lipa mengaku, temanya tetap seperti album pertama: patah hati yang gembira.

Dewa Dayana

Aktor, 17

Film Asal Kau Bahagia (AKB) yang saat ini diputar di bioskop menjadi pembuka karir bagi Dewa Dayana. Hasilnya, menuai banyak pujian. Dia dirasa mampu menyajikan akting secara total. Ayudia Bing Slamet menyebut Dewa sebagai salah satu nyawa dalam AKB, yang memberikan sentuhan warna berbeda.

Hal serupa diungkapkan Indro Warkop. Dia menyebut akting Dewa tidak terduga dan patut diapresiasi. Sang sutradara, Rako Prijanto, menganggap Dewa sebagai seseorang yang berbakat. ''Sense of art-nya tinggi banget. Dan itu sangat membantu dia yang baru kali pertama main film,'' ucap Rako. Dia yakin Dewa bisa menjadi idola masa depan.

Dewa menyatakan, keberhasilannya bukanlah sesuatu yang diciptakan sendiri. ''Ini bukan betapa hebat gue, tapi betapa hebat kita sebagai tim,'' ungkap mahasiswa jurusan filsafat Universitas Indonesia itu. Putra Gusti Randa dan Nia Paramitha tersebut mengaku tetap melalui proses casting sebelum mendapat peran di film AKB.

Noah Centineo

Aktor, 22

Era bad boy sudah lewat. Gara-gara serial Netflix To All the Boys I've Loved Before (TABILB), banyak perempuan yang berharap punya kekasih seperti Peter Kavinsky. Cinta pertama Lara Jean itu digambarkan tampan, baik, ramah, dan super perhatian. Cowok dengan karakter impian itu diperankan Noah Centineo.

Lewat peran tersebut, popularitasnya melejit. Pengikut Instagram aktor berdarah Italia, Belanda, dan Indian-Amerika itu naik drastis. Sebelum serial tersebut tayang, pengikutnya cuma 700 ribu. Kini, jumlah itu naik hingga lebih dari 20 kali, menjadi 16,1 juta pengikut. Rata-rata pengikutnya, jelas para perempuan yang mengidolakan Kavinsky.

Dia menjelaskan, karakter Kavinsky membawa perubahan pada pola pikir orang lain tentang laki-laki. Cowok idaman tidak harus tangguh, dingin, atau kaku. ''Faktanya, Peter (Kavinsky) sangat sensitif, tapi tetap disukai,'' tegasnya.

Karakter manis dan wajah tampan Centineo tidak berhenti di serial TABILB. Tahun ini, dia sudah meneken beberapa kontrak film. Tahun depan, bungsu dari dua bersaudara itu bakal beradu akting dengan Camila Mendes di The Stand-In. Centineo juga masuk cast reboot Charlie's Angels.

Marion Jola

Penyanyi, 18

Marion Jola mendapatkan momentumnya tahun ini. Karirnya sebagai pendatang baru di industri musik langsung melesat tak lama setelah dia tereliminasi di babak enam besar Indonesian Idol.

Para juri Idol, yakni Maia Estianty, Judika, Ari Lasso, Armand Maulana, dan Bunga Citra Lestari, kompak menyebutnya punya aura bintang yang kuat. Juga, itu tidak meleset. Single pertamanya, Jangan, langsung jadi hit. Tiga bulan setelah debut, hasilnya mulai terlihat. Job off-air maupun on-air meningkat. Ditambah lagi, dia meraih penghargaan Pendatang Baru Terbaik Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2018. "Ini jadi motivasi aku supaya bisa lebih banyak berkarya sebagai pendatang baru," kata Marion.

Tak sampai setahun, Marion mendapat penghargaan kedua. Kali ini di level internasional. Pada 10 Desember lalu, cewek dari Kupang itu meraih penghargaan Best New Asian Artist Indonesia dalam ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 di Seoul, Korea Selatan. Marion adalah jebolan talent search Indonesia pertama yang meraih penghargaan di MAMA.

Menurut dia, kunci agar sukses sebagai pendatang baru adalah kerja keras. Sadar bahwa dirinya masih baru, dia selalu ingin belajar dan mencari pengalaman lewat berbagai proyek yang ditawarkan kepadanya. "Sama harus tetap konsisten berkarya dan jangan takut untuk berekspresi," tambahnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marion Jola: Sekarang Enggak Ada yang Nyinyir Lagi


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler