7 Sektor Perbandingan Wuling Cortez dengan Toyota Innova

Senin, 12 Maret 2018 – 06:28 WIB
Perbandingan Wuling Cortez dengan All New Toyota Innova (Foto: Dok Istmw)

jpnn.com, JAKARTA - All New Toyota Innova tidak bisa lagi melenggang bebas di segmen medium MPV. Kedatangan Wuling Cortez sedikit banyak bakal mengganggu pembagian 'kue' yang selama ini didominasi Innova.

Harga lebih murah ditambah tidak pelit fitur menjadi kekuatan Cortez menusuk dominasi Innova di pasar. Konsumen pun mendapat alternatif yang patut diperhitungkan. Lantas, bagaimana kekuatan Cortez melawan Innova? Berikut kita ulas satu demi satu.

BACA JUGA: Gebrakan Wuling Lewat Paket Purnajual Tak Biasa

Eksterior
Soal desain, ini memang ranah yang relatif. Generasi terbaru Innova memang lebih menonjolkan garis-garis tegas dari sebelumnya, juga lebih elegan dengan aksen krom.

Sementara Cortez mengusung kedinamisan, dengan tarikan lancip dan garis “motion” di kedua sisi. Bedanya, Cortez sudah di pasangkan roof rail, dan seluruh sistem pencahayaan memakai lampu LED, ditambah rear fog lamp (di bagian bawah bumper) bisa berganti posisi dengan yang ada di pintu bagasi saat dibuka. Innova lampu utamanya masih proyektor.

BACA JUGA: Pengakuan Konsumen pada Layanan Aftersales Wuling Indonesia

Interior
Melongok ke kabin, MPV yang sama-sama berkonfigurasi 7-penumpang ini juga memiliki perbedaan. Desain dasbor sama-sama menganut aura mewah dengan tambahan unsur kayu di sejumlah bagian. Bedanya, Cortez menambahkan ambient light di bagian kolong kabin, sementara Innova menyematkannya di langit-langit.

Audio entertainment touchscreen sama-sama berukuran 8 inci dengan konektivitas ke smartphone dan kompatibel ke berbagai gadget modern.

BACA JUGA: Ini Wujud Utuh Toyota Corolla Hatchback, Intip Kebaruannya!

Pada desain konsol tengah, Cortez terbilang lebih konsistem menjaga kesan mewahnya, aksen kayu dan bentukan bak mobil berkelas serta tambahan ambient light di cup holder dan menghilangkan tuas rem tangan, dan menggantinya dengan sistem elektrik (EPB).

Jok baris kedua model captain seat sudah ditawarkan oleh keduanya, hanya saja Cortez memberikan aksen desain jok yang lebih baru. Ditambah sunroof, pengaturan elektrik untuk kedua jok depan, lampu khusus bagasi dan USB port hingga baris ketiga, sedangkan Innova tidak ada.

Dimensi
Bicara dimensi, Cortez hanya unggul lebih panjang 45mm (4.780mm vs 4.735mm – Innova), sedangkan lebar dan tinggi masih unggul tipis Innova, lebih lebar 14mm dan tinggi 40mm.

Kaki-kaki
Innova memberikan pilihan pelek 16 inci dan tipe tinggi tersemat pelek alloy 17 inci. Cortez hanya memakai pelek berukuran 16 inci, hanya saja semua roda sudah dipasangkan pengereman cakram berventilasi dan Innova untuk roda belakang masih tromol.

Fitur
Soal keselamatan, keduanya sudah sangat mumpuni dalam meminimalisir cedera pengendara dan penumpang, serta menjamin kenyamanan saat berkendara. Seperti dual SRS airbag, ISOFIX, ABS-EBD, dan brake assist. Juga VSC dan HAC. Termasuk kamera dan sensor parkir.

Bedanya, Innova sudah mengaplikasikan Start/stop engine. Sementara Cortez menambahkan automatic vehicle holding membantu pengereman otomatis saat menanjak atau menurun.

Powertrain
Sektor tenaga, Innova jelas lebih unggul karena mengusung dua pilihan mesin bensin 2.0L dual VVT-i dan diesel 2.4L VNTurbo yang dikawinkan transmisi otomatis, dengan automatic sport squential shift matic dan manual 5-percepatan. Untuk bensin, tenaga yang dihasilkan mencapai 147 Hp dengan torsi 360 Nm yang terselarurkan ke sistem penggerak roda belakang.

Sedangkan Cortez didukung mesin bensin 1.8L VVT-i bertenaga 129 Hp dan torsi 174 Nm dan didistribusikan dari pilihan sistem transmisi intellegent-AMT dan manual 5-percepatan ke roda penggerak depan.

Pada kombinasi ini, efisiensi bahan bakar akan lebih baik didapat oleh Cortez, namun ini hanya dalam perhitungan di atas kertas.

Harga
All New Toyota Innova dibanderol dari harga Rp 302 - 432 jutaan. Sementara Wuling Cortez ditawarkan mulai dari Rp 218 - 264 jutaan. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Toyota Corolla Hatchback Anyar Siap Pukau Geneva Motor Show


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler