8 Kloter WNI Overstayers Telah Dipulangkan

Rabu, 11 Desember 2013 – 18:03 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pemulangan warga negara Indonesia (WNI) overstayers di Arab Saudi sudah mencapai delapan kloter. Kloter kedelapan ini sudah diterbangkan pada Selasa (10/12) kemarin menggunakan pesawat khusus Saudia Airlines.

Pesawat dengan nomor penerbangan SV 3810 itu diterbangkan dari Jeddah, Arab Saudi kemarin malam sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Pesawat membawa 450 WNI overstayers yang terdiri 193 perempuan, 207 laki-laki dan 50 anak-anak.

BACA JUGA: Tempat Terdingin di Bumi Bersuhu -93,2 Celcius

"Dengan demikian, hingga saat ini, jumlah keseluruhan WNI Overstayers yang telah dipulangkan ke Indonesia sebanyak 8.080 orang," kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, Syarif Shahabudin melalui lembar informasi yang diterima JPNN, Rabu (11/12).

Sementara itu WNI overstayers yang masih berada di Penampungan Imigrasi Shumaysi sebanyak 3.417 orang. Mereka yang tersisa akan dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap.

BACA JUGA: Usung Yudhoyono Fellow, Ribuan Pelajar Australia Bakal Kuliah di Indonesia

Menurut Syarif, hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi tetap berkomitmen untuk memulangkan seluruh overstayers yang masih berada di negaranya. Hal tersebut tercermin dengan upaya Arab yang secara berkelanjutan menyediakan pesawat khusus Saudia Airlines untuk memulangkan para overstayers ke negaranya masing-masing.

Selain itu pemerintah Arab Saudi juga memberi kemudahan bagi para overstayers yang memegang visa haji/umroh. Mereka dapat langsung diproses pemulangannya tanpa harus terlebih dahulu melalui proses penampungan di Tarhil Shumaysi. Tetapi, pemulangan overstayers
pemegang visa haji/umroh tidak ditanggung atau menggunakan biaya sendiri.

BACA JUGA: Ogah Mundur, Yingluck Shinawatra Menangis

"KJRI Jeddah akan terus bekerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi dalam memfasilitasi proses pemulangan WNI overstayers yang dilakukan dengan menggunakan pesawat khusus Saudia Airlines, maupun proses pemulangan mandiri bagi para WNI overstayers pemegang paspor haji/umroh," papar Syarif. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Snowden dan Miley Cyrus Masuk Nominasi Tokoh Paling Berpengaruh versi Time


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler