8 Manfaat Bir untuk Kesehatan

Rabu, 08 Agustus 2018 – 18:31 WIB
minuman Bir. Foto: Pixabay

jpnn.com - Apakah bir sehat untuk tubuh? Banyak orang mengira bahwa bir merupakan minuman yang bisa merusak organ tubuh dan tidak bermanfaat karena efeknya yang memabukan.

Padahal meskipun mempunyai reputasi buruk, masih ada beberapa manfaat dari minuman wajib untuk kebanyakan orang-orang Eropa ini.

BACA JUGA: Sering Minum Bir tapi Bayar Semaunya, Beginilah Akibatnya

Banyak orang mengira bahwa semua bir beralkohol, padahal tidak semua bir berkomposisi alkohol atau biasa disebut dengan bir tanpa alkohol yang dalam pengolahannya tidak memakai kadar alkohol. Jadi bisa dipastikan aman dari memabukkan.

Berikut ini manfat dari bir yang mengadung alkohol jika diminum dalam kadar moderat, seperti dilansir laman India Times, Minggu (5/8).

BACA JUGA: Pakai Alasan Agama, Pras Tolak Pemprov DKI Lepas Pabrik Bir

1. Bir juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Satu studi yang diprofilkan di British Medical Journal pada 1999 mengatakan bahwa konsumsi moderat dari tiga minuman bir sehari bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 24,7 persen.

BACA JUGA: Sandiaga Ancam Tutup Beer Garden Radio Dalam

2. Bir membuat Anda ‘bahagia’

Temuan terbaru dalam jurnal Scientific Reports juga menyatakan bahwa molekul kunci dalam bir, Hordenine, menstimulasi otak Anda dengan cara yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

Itu mungkin mengapa aspek sosial dari minum sedang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda karena juga membantu bersantai.

3. Bir bisa bertindak sebagai alternatif untuk penghilang rasa sakit

Para peneliti dari University of Greenwich menemukan bahwa dua pint bir bisa mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit seseorang hingga seperempat, agak lebih baik daripada apa yang dilakukan parasetamol.

Ini terjadi karena bir meningkatkan kadar alkohol dalam darah hingga sekitar 0,08 persen yang bisa mengurangi intensitas.

4. Bir meningkatkan kadar kolesterol Anda

Bir tidak hanya tidak memiliki kolesterol, namun juga bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda.

Bahkan, minum bir secara teratur dan moderat akan memiringkan rasio kolesterol HDL / LDL Anda dengan cara yang benar.

Menurut beberapa penelitian, hanya minum satu gelas bir sehari bisa meningkatkan HDL Anda hingga 4 persen.

5. Bir mengandung kalori rendah.

Bir rendah kalori, rendah karbohidrat dan tidak mengandung lemak atau kolesterol. Dua belas ons Guinness mengandung jumlah kalori yang sama dengan 12 ons susu skim.

Itu lebih rendah daripada jus jeruk (150 kalori). Satu-satunya minuman alami dengan kalori lebih sedikit daripada bir adalah teh biasa, kopi hitam dan air.

6. Bir tidak membutuhkan pengawet atau aditif

Yang benar adalah bir sama alami seperti jus jeruk atau susu. Bir tidak membutuhkan pengawet karena memiliki alkohol dan hop, keduanya merupakan pengawet alami.

Bir hanya diproses dengan cara dimasak dan difermentasi, kemudian disaring dan dikemas.

7. Bir bisa meningkatkan umur panjang

Menurut banyak penelitian independen, peminum moderat hidup lebih lama dan lebih baik daripada pemabuk atau teetotaler.

Bir cocok untuk diminum karena kandungan alkoholnya yang lebih rendah dan volume yang lebih besar dibandingkan dengan anggur.

8. Bir penuh dengan serat.

Sementara rata-rata satu liter bir mengandung sekitar 20 persen dari dosis harian yang direkomendasikan dari serat, bir berkualitas baik bisa mengandung hingga 60 persen dari asupan serat harian Anda.

Tidak hanya membantu fungsi usus Anda, bir juga membantu mencegah pembentukan batu ginjal, dengan menghindari pembentukan endapan kalsium di sana.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengin Hasil Pelepasan Saham Pabrik Bir untuk Bangun Sekolah


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bir   minum bir  

Terpopuler