9 Khasiat Minyak Kelapa, Bantu Lawan Penyakit Ganas Ini

Kamis, 29 Juni 2023 – 02:01 WIB
Ilustrasi minyak kelapa lokal. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - ADA berbagai jenis minyak sehat yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa adalah salah satu minyak nabati yang berasal dari daging buah kelapa.

BACA JUGA: Khusus Wanita, Ini 4 Efek Samping Terlalu Sering Menerapkan Minyak Kelapa di Kulit Wajah

Minyak kelapa kaya akan berbagai kandungan gizi, seperti misalnya vitamin C, zat besi, vitamin B6, kalsoum, serat, dan lainnya.

Manfaat minyak kelapa tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga baik untuk rambut dan kulit Anda.

BACA JUGA: 6 Khasiat Daun Binahong, Bikin Penyakit Ini Ambyar

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa kaya akan asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang memberikan sifat antivirus, antijamur, antimikroba, dan antibakteri yang kuat yang memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA JUGA: 7 Manfaat Brokoli, Bikin Penyakit Ini Tidak Berani Mendekat

Sifat antijamur ini telah terbukti membantu mengurangi kandida dan ragi dalam tubuh serta melawan infeksi jamur.

Dalam penelitian terbaru, peneliti menemukan bahwa minyak kelapa aktif melawan spesies Candida pada konsentrasi 100 persen, lebih besar dari obat flukonazol.

2. Mendukung Pencernaan

Minyak kelapa mudah dicerna dan mengandung senyawa yang menghancurkan bakteri jahat, meningkatkan pertumbuhan probiotik, dan membantu menyembuhkan apa yang disebut “usus bocor”.

3. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Lemak sehat dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL, yang pada gilirannya membantu mendukung kesehatan jantung.

4. Menstabilkan Gula Darah

Minyak kelapa bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah, dengan mendorong sekresi insulin yang efisien dari pankreas yang pada akhirnya memperbaiki gejala penyakit diabetes.

Sebuah studi baru oleh Institut Garvan menunjukkan bahwa diet kaya minyak kelapa melindungi dari 'resistensi insulin' pada otot dan lemak.

Ini juga menghindari penumpukan lemak tubuh yang disebabkan oleh diet tinggi lemak lainnya dengan kandungan kalori yang serupa.

Temuan ini penting karena obesitas dan resistensi insulin merupakan faktor utama yang mengarah pada perkembangan penyakit diabetes tipe-2.

5. Melawan Peradangan

Minyak kelapa mendukung kesehatan hati dan ginjal. Telah terbukti bahwa Kerabala, formulasi ayurveda dari minyak kelapa murni memiliki efek penghambatan pada peradangan kronis, salah satu penyebab utama banyak penyakit kronis.

6. Menyeimbangkan Hormon

Lemak sehat dalam minyak kelapa mendukung kelenjar tiroid dan adrenal yang bisa menurunkan kortisol untuk menyeimbangkan hormon secara alami.

Minyak kelapa membantu menekan peradangan sambil mendukung metabolisme yang sehat, dua hal yang penting untuk keseimbangan hormon.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, minyak kelapa murni efektif mencegah pengeroposan tulang pada tikus yang kekurangan estrogen.

7. Meningkatkan Metabolisme

Minyak kelapa bisa membantu meningkatkan metabolisme. Karena bergerak langsung ke hati, digunakan untuk energi dan tidak disimpan sebagai lemak.

Ini juga membantu perasaan kenyang dan bisa membantu penurunan berat badan.

8. Mengobati Alzheimer

Sebuah studi tahun 2015 yang dilaporkan dalam jurnal Nutrition menyatakan bahwa studi ini, meskipun pendahuluan, menunjukkan pengaruh positif minyak kelapa pada tingkat kognitif pasien Alzheimer.

Ini berarti bahwa minyak kelapa bisa menjadi pengobatan alami yang efektif untuk penyakit Alzheimer.

9. Membantu Dalam Perlindungan dan Pertahanan Kanker

Minyak kelapa dan trigliserida rantai menengah telah terbukti memberikan efek anti tumor pada sistem kekebalan tubuh.

Minyak kelapa tidak hanya bisa bertindak sebagai penghambat tumor, tetapi penelitian pada hewan baru-baru ini mengeksplorasi efek antioksidan dan hepatoprotektif minyak kelapa terhadap stres oksidatif dan kerusakan hati yang disebabkan oleh obat antikanker methotrexate (MTX).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi minyak kelapa memiliki efek antioksidan dan hepatoprotektif yang meningkatkan sistem pertahanan antioksidan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler