9 Manfaat Minum Air Lemon Campur Madu Setiap Pagi, Beberapa Penyakit Kronis Ini Langsung Ambrol

Kamis, 02 September 2021 – 05:57 WIB
Lemon. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - LEMON dan madu adalah dua produk yang berlawanan, tetapi ketika dicampur dalam proporsi yang tepat, mereka menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Air lemon dan madu seperti obat mujarab yang sehat, pembangkit tenaga nutrisi.

BACA JUGA: 3 Manfaat Dahsyat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Yuk Dicoba

Beberapa penelitian mengklaim minuman ini membantu membakar lemak, membersihkan jerawat dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Madu adalah gudang antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik, vitamin dan mineral penting.

BACA JUGA: 7 Khasiat Rutin Minum Air Kelapa Campur Madu, Baik untuk Ginjal Lho

Lemon, super kaya vitamin C dan nutrisi penting lainnya bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan, detoksifikasi, menunda waktu pengosongan lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 6 Manfaat Air Jahe Campur Lemon, Bikin Pria Makin Perkasa

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Minum air lemon dan madu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk mencegah infeksi dan virus penyakit.

Jeruk lemon sendiri kaya akan sumber Vitamin C dan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Sedangkan madu dikenal akan properti antibakteri yang kuat.

2. Mengatasi Flu dan Mengurangi Dahak

Dalam asupan vitamin C yang ada di lemon dan madu bisa menjadi penolongan pertama untuk mengobati flu secara alami.

Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan peras lemon segar ke dalam teh hangat yang telah diberi madu. Ramuan alami ini juga dapat mengurangi dahak.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Lemon sangat kaya antioksidan dan vitamin C. Oleh karena itu lemon sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh terutama saat kondisi cuaca sedang tidak menentu.

Minum air lemon hangat sebelum tidur tentunya memberikan perlindungan ekstra di cuaca malam yang dingin.

4. Melawan Infeksi

Dengan mengonsumsi air lemon hangat secara rutin merupakan cara yang efektif dalam menurunkan risiko terjangkit berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti sakit tenggorokan, maupun gangguan kesehatan lainnya.

5. Membersihkan Tubuh dari Bakteri

Dalam bukunya yang berjudul "Back To Eden" Jethro Kloss menyatakan ekstrak air lemon bisa membantu menghilangkan penumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis) yaitu dengan memengaruhi kemampuan anti-scourbutic tubuh dalam mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran.

Menurut Dr. Gillian McKeith dalam bukunya yang berjudul You Are What You Eat juga menjelaskan dengan mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur, bisa membantu membersihkan lendir tidak berguna dalam tubuh.

Namun, dia juga menyarankan untuk mengonsumsi air lemon di malam hari sebelum tidur.

6. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Dalam air lemon terkandung sejumlah kalium yang sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah.

Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Dengan manfaat air lemon secara teratur akan bisa membantu mereka membuat tekanan darah menjadi normal serta memberikan efek relaksasi pada pikiran.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan

Salah satu manfaat lemon bagi kesehatan adalah selain menjaga daya tahan tubuh juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda sedang flu atau demam, jangan terlebih dahulu mengonsumsi obat-obatan, tetapi minum saja air lemon hangat sebelum tidur.

8. Kaya Kandungan Antioksidan

Hampir semua buah-buahan dari genus citrus merupakan sumber antioksidan yang baik, tidak terkecuali lemon yang menjaga tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas.

Mengonsumsinya secara teratur akan menjaga asupan antioksidan pada tubuh tetap terjaga.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Karena kandungan asamnya, mengonsumsi air lemon hangat dengan dosis yang tepat akan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan dan manfaat serat pada lemon akan membantu mengikat kolesterol dan kemudian membuangnya bersama kotoran.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler