ABK Ditelan Laut, Speed Boat Berputar Tanpa Pengemudi

Kamis, 29 Desember 2016 – 08:50 WIB
Tim SAR Sorong saat berusaha mencari keberadaan ABK yang hilang, Rabu (28/12) siang. Foto: SAR Sorong for Radar Sorong

jpnn.com - JPNN.com - Musibah terjadi di perairan Kolam Bandar, Sorong Pusat, Rabu (28/12) sekitar pukul 05.50 WIT. Salah seorang anak buah kapal (ABK) dari Tiger Blue, Yubri (25) hilang.

Yubri hilang saat mengemudikan speed boat tanpa atap seorang diri, dari Pelabuhan Usahamina menuju Kapal Tiger Blue di perairan Kolam Bandar.

BACA JUGA: Gara-gara Seekor Kodok, Listrik di 2 Daerah Mati Total

Anggota Search and Rescue (SAR) Sorong yang menerima laporan langsung menyisir lokasi dengan rubber boat. Tim penyelam pun diturunkan untuk mencari keberadaan Yubri. Dibantu dengan anggota TNI, POLRI dan KSOP pencarian dilakukan hingga sore hari.

Namun karena cuaca hujan disertai angin, pencarian terpaksa dihentikan. “Dua kali penyelaman namun hasilnya nihil. Melihat cuaca hujan, pencarian dilanjutkan besok hari (Kamis ini-red),” kata Kasi Operasional SAR Sorong, Karel Roni Ileng, kepada Radar Sorong, Rabu (28/12).

BACA JUGA: Gara-gara Kodok, Listrik di Dua Daerah Ini Padam Total

Menurut keterangan saksi, kejadian bermula saat kapal Tiger Blue berlabuh di kawasan Kolam Bandar pada Rabu (28/12) pukul 05.00 WIT. Kemudian, Yubri yang berstatus ABK mengantarkan seorang rekannya menuju Pelabuhan Usahamina dengan menggunakan speed boat tanpa tenda milik kapal Tiger Blue.

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, speed boat telah tiba di Pelabuhan Usaha Mina. Usai mengantarkan rekannya, Yubri tak berlama-lama di pelabuhan. Ia lalu memutar speed boat untuk kembali menuju kapal Tiger Blue.

BACA JUGA: 12 Wisatawan itu Harusnya Naik Kapal Penumpang Tapi...

Hingga pukul 05.54 WIT, sejumlah awak kapal Tiger Blue dikejutkan dengan keberadaan speed boat yang sebelumnya dikemudikan oleh Yubri.

Mereka melihat speed boat dalam kondisi mesin hidup dan tengah berputar-putar tanpa pengemudi. “Jadi mereka lihat speed itu putar-putar, tapi sudah tidak ada yang kemudikan,”kata Roni.

Melihat kejadian tersebut, awak kapal lalu berusaha untuk mencari keberadaan Yubri. Namun hasilnya nihil. Mereka lalu berinisiatif untuk meminta bantuan tim SAR Sorong. Pukul 06.40 WIT, tim SAR menerima laporan adanya kejadian kecelakaan laut yang menimpa seorang ABK di kawasan Kolam Bandar.

Tim rescuer lantas menyisir lokasi dengan rubber boat atau perahu karet. Tim penyelam pun diturunkan untuk mencari keberadaan korban. Potensi SAR seperti TNI, Polri dan instansi terkait pun turut melakukan pencarian dengan menyisir lokasi hilangnya korban.

Namun karena cuaca yang kurang mendukung, yakni hujan yang disertai angin. Tim terpaksa menghentikan pencarian, selanjutnya tim akan lakukan pencarian pada pagi ini. Roni mengatakan, melihat dari kondisi bagian belakang speed boat yang retak, speed kemungkinan membentur sesuatu, hinga membuat korban terjatuh dari speed.

“Kalau lihat speed yang digunakan korban ini, dibelakang mesinnya ada retakan. Apakah ini karena benturan atau ditabrak kami belum paham,”katanya.
(ayu/jpnn)

Misteri ABK Hilang

- Kapal Tiger Blue berlabuh di kawasan Kolam Bandar pada Rabu (28/12) pukul 05.00 WIT. Yubri yang berstatus ABK mengantarkan seorang temanya menuju Pelabuhan Usahamina dengan menggunakan speed boat tanpa tenda milik kapal Tiger Blue.

- Setelah menurunkan temanya, Yubri segera kembali menuju kapal Tiger Blue.

- Pukul 05.54 WIT, sejumlah awak kapal Tiger Blue terkejut melihat speed boat yang sebelumnya dikemudikan Yubri berputar-putar tanpa pengemudi.

- Pukul 06.40 WIT, tim SAR menerima laporan dari awak kapal. Tim rescuer menyisir lokasi dengan rubber boat atau perahu karet.

- Cuaca buruk yakni hujan yang disertai angin, Tim terpaksa menghentikan pencarian, selanjutnya akan dilanjutkan pagi ini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... 12 Korban Kapal Terbalik di Sorong Berhasil Dievakuasi


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Sorong   Abk   ABK Hilang  

Terpopuler