Absen di SEA Games, Angel Dikirim PB ISSI ke Swiss

Minggu, 06 Agustus 2017 – 01:40 WIB
Liontin Evangelina Setiawan saat berlaga di Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2017 di Bahrain, awal Maret tahun ini. Foto: ISSI

jpnn.com, JAKARTA - Satu lagi atlet balap sepeda Indonesia mendapat kesempatan untuk merasakan pelatihan tingkat dunia.

Liontin Evangelina Setiawan mendapat undangan dari federasi balap sepeda dunia, UCI, untuk berlatih di World Cycling Center di Aigle, Swiss.

BACA JUGA: Dilarang Tekuni Karate, Rivani Adelia Jadi Pegolf Andalan Indonesia

Dia akan berlatih di sana selama kurang lebih dua bulan.

Undangan dari WCC cukup istimewa. Sebab, dalam undangan tersebut tertera nama Angel.

BACA JUGA: Peralatan Beres, Honor Cair Sebelum Atlet Berangkat ke SEA Games

Dalam undangan pelatihan yang selama ini diterima PB ISSI biasanya tak pernah menyebut nama.

WCC mengundang Angel untuk ambil bagian dalam pemusatan latihan tingkat tinggi untuk disiplin jalan raya untuk periode 3 Agustus hingga 28 September.

BACA JUGA: Naufal dan Fathur Berpeluang Raih Medali Emas di SEA Games

Semua biaya pelatihan, kecuali tiket pesawat dari Indonesia menuju Swiss, ditanggung oleh WCC.

 Namun, karena masalah administrasi Angel baru meninggalkan tanah air, Sabtu (5/8).

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan, pengiriman Angel ke Swiss didasarkan pada komitmen pihaknya untuk memprioritaskan pembinaan.

“Kami lebih memilih mengirimkan Angel ke Swiss untuk berlatih di WCC daripada ke SEA Games 2017. Ini bukti komitmen kami pada pembinaan. Seperti yang selalu saya katakan target kami adalah event yang lebih tinggi, seperti World Championships, World Cup, Olimpiade, dan Asian Games. Jadi, SEA Games boleh dibilang sebagai uji coba menuju Asian Games di mana kita jadi tuan rumah,” ujar Okto, Sabtu (5/8).

Manajer tim nasional balap sepeda Indonesia Budi Saputro menjelaskan, Angel dipilih WCC berkat prestasinya di Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2017 di Bahrain, awal tahun ini.

Saat itu, putri dari pasangan mantap pembalap sepeda Henri Setiawan dan Nurhayati ini merebut medali perunggu di nomor Individual Time Trial junior putri.

“Ini pencapaian luar biasa untuk balap sepeda Indonesia karena biasanya jarang sekali WCC memberi beasiswa pada atlet tertentu. Biasanya, dalam suratnya WCC hanya menyebutkan bahwa Indonesia mendapatkan jatah sekian atlet untuk ikut berlatih di WCC. Setelah ikut pelatihan di WCC, Angel juga akan turun di Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Norwegia, akhir September,” kata Budi. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jelang SEA Games, Timnas Tinju Kurang Jam Terbang


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler