Ace Hasan: Ada Hikmah Besar dari Pandemi Covid-19

Rabu, 02 September 2020 – 20:36 WIB
Ace Hasan Syadzily. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan ada hikmah yang bisa diambil di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurut dia, hikmah itu adalah menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum memperkuat ketahanan nasional bangsa dengan tetap menumbuhkan gotong-royong.

BACA JUGA: Syarief Hasan: MPR RI Akan Terus Hadir Sebagai Perekat Kebangsaan

"Jadi, kalau selama ini tergantung dengan kebutuhan-kebutuhan dari luar, maka sudah seharusnya sekarang ini yang berasal dari sumber daya dalam negeri," kata Ace dalam diskusi Empat Pilar MPR "Penguatan Nilai Gotong Royong untuk Antisipasi Resesi” di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (2/9).

Dia mencontohkan, momentum ini dijadikan untuk membangun industri supaya menggunakan sumber daya dalam negeri.

BACA JUGA: MPR RI: Negara Harus Hadir Dalam Menangani Penyakit Demensia Alzheimer

"Kebutuhan untuk stok pangan kita ini sudah saatnya dibangun berdasarkan atas potensi yang dimiliki oleh negeri," ungkap wakil ketua Komisi VIII DPR itu.

Karena itu, Ace masih memiliki rasa optimistis bila masyarakat tetap menumbuhkan semangat gotong-royong, memiliki nilai-nilai kedermawanan, apa pun yang terjadi atas negara ini bisa dilewati.

BACA JUGA: MPR RI Sosialisasikan Empat Pilar Lewat Pagelaran Seni Budaya Melayu

"Insyaallah, sebagai bangsa dengan nilai-nilai Pancasila, tentu kita akan tetap menjadi negara yang kuat," kata Ace.

Dia mengatakan semua ini juga harus didorong oleh pemerintah.

Menurut dia, peran pemerintah menjadi sangat penting.

"Misalnya, modal sosial yang begitu kuat tumbuh di dalam masyarakat kita ini jangan diacak-acak dengan kebijakan-kebijakan yang bisa menimbulkan kecemburuan di masyarakat," kata Ace.

Dia menegaskan bahwa dana bantuan sosial (bansos) harus tepat sasaran. Sebab, kata Ace, kalau tidak tepat sasaran justru akan menimbulkan kecemburuan sosial dimasyarakat.

Menurut dia, bila yang satu dapat bansos dan lainnya tidak maka akan menjadi masalah dan kecemburuan di dalam masyarakat sosial.

"Ujung-ujungnya adalah sosial unrest," tegas dia.

Ace berharap nilai-nilai yang tumbuh di dalam masyarakat baik itu gotong-royong, kedermawanan sosial, saling percaya, menghargai, itu harus tetap ditumbuhkan.

Menurutnya, pemerintah juga harus terus mendorong nilai-nilai tersebut. Masyarakat harus distimulasi agar memiliki ketahanan sosial yang kuat.

"Karena itulah maka ketika ditanya apakah negara akan menghadapi resesi dan apakah masyarakat siap untuk menghadapi resesi? Saya sangat percaya bahwa masyarakat memiliki ketahanan sosial yang sangat kuat," pungkas Ace. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler