ACE-YS Ajak 130 Anak Muda Asia Ikuti Program Creative Catalyst

Selasa, 03 Oktober 2023 – 16:21 WIB
ACE-YS Ajak 130 Anak Muda Asia Ikuti Program Creative Catalyst. Foto: dok. ACE-YS

jpnn.com, JAKARTA - Kemenko Marves dan Selaksa akan menyelenggarakan program Creatif Catalyst sebagai bagian dari acara Asian Creative & Digital Economy Youth Summit (ACE-YS) pada 28-29 Oktober 2023.

Program tersebut hasil kerja sama dengan Lazada yang didukung oleh Asian Development Bank (ADB), GDP Venture, and Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

BACA JUGA: Kementerian BUMN dan Kemenko Marves Apresiasi Pahlawan Pandemi di G20

Konferensi ini akan mengundang para profesional muda dari ASEAN, China, Jepang, dan Republik Korea (ASEAN+3).

Sebanyak 130 anak muda, termasuk praktisi kreatif, wirausaha, pembuat kebijakan, dan pegiat komunitas akan diajak untuk berkumpul, berbagi pengalaman, serta memecahkan masalah dengan harapan bisa mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Asia, ACE-YS 2023 Digelar

Program Creative Catalyst merupakan inisiatif transformatif yang mengumpulkan para profesional muda di bidang ekonomi kreatif dan digital dengan dua jalur yang berbeda: Jalur delegate dan Jalur creator.

Para delegate akan diharapkan dapat berbagi wawasan dan bertukar gagasan terkait sektor ekonomi kreatif di negara masing-masing untuk menciptakan visi terkait aksi kolektif anak muda dalam sektor ekonomi kreatif di Asia.

BACA JUGA: Luhut Binsar Lantik 134 Pejabat di Lingkungan Kemenko Marves

Sementara para creator akan memaparkan inovasi dan kreasi yang mereka ciptakan untuk memperoleh dukungan kemitraan dan pendanaan dari para investor.

Mereka akan berpartisipasi pada sesi Creator x Investor Networking Session dan mendapatkan showcasing booth pada Show & Tell Exhibition.

Odo R.M. Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves mengatakan melalui program creative catalyst hadir sebagai melting pot.

"Mereka akan berkumpul dan berkomitmen untuk menghasilkan joint declaration yang membentuk aksi kolektif pemuda untuk ekonomi kreatif & digital Asia," ujar Odo, dalam keterangannya, Selasa (3/10).

Sementara itu, Viandira Athia, Co-Head Creative Catalyst Programme di ACE-YS menuturkan melalui program ini, pihaknya berupaya menghubungkan para pelaku kreatif lintas negara dan mencari solusi bersama.

"Mari saling terhubung, bertukar ide dan gagasan, serta berkolaborasi dengan katalis kreatif lainnya untuk mewujudkan untuk mewujudkan kemajuan yang dibutuhkan dalam industri kreatif dan digital," tuturnya.

Mengusung slogan New Waves from the SEA, ACE-YS menjadi pusat aksi kolektif generasi muda untuk memetakan dan menghubungkan aktor-aktor industri kreatif dan digital di Asia dalam menavigasi peluang global dalam menavigasi peluang global yang diawali dari SEA (Southeast Asia). (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler