Ada Aduan Pencemaran Lingkungan, Pak Ganjar Langsung Menurunkan Tim ke Lapangan

Sabtu, 12 September 2020 – 21:00 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Ngompol JPNN. Foto: YouTube

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung menerjunkan tim setelah menerima aduan warganet di media sosial tentang pencemaran lingkungan. 

Itu terjadi  di Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung, warga dengan akun twitter @Afflarias menyampaikan sebuah pabrik tekstil kedapatan membuang limbah berwarna pekat ke sungai.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Anies Baswedan Bikin Rugi Ratusan Triliun, Jadi Editor Metro TV Dibunuh atau Bunuh Diri? Heboh Pelda Junaidi

"Mohon bantuannya untuk menindak lanjuti pencemaran lingkungan dari pabrik tekstil SMA yang berada di wilayah kec.Pringsurat kab. Temanggung Jawa Tengah. @ganjarpranowo @jokowi." Demikian isi tweet tersebut.

Cuitan tersebut ditulis pada Jumat (11/9) siang. Ratusan akun meretweet dan mengomentari cuitan yang juga menampilkan sebuah video. Berdurasi 44 detik video tersebut menggambarkan pembuangan limbah yang deras bahkan sampai menyerupai air terjun.

BACA JUGA: Ganjar Minta Debat Kandidat Pilkada Digelar Secara Virtual

Akun @nurlisaulfa menanggapi unggahan tersebut dengan mengatakan pembuangan limbah itu sangat berbahaya karena berada di sekitar daerah pertanian.

"Waaah iya shin, itu kec. Pringsurat.. kecamatan terluar nya Temanggung, berbatasan dgn kabupaten Semarang ~ semoga bisa segera ditindak yg buang limbah sembarangan. di sini daerah pertanian kan, sumber air tercemar yaa ambyarrr." cuitnya.

BACA JUGA: Jangan Anggap Remeh, Kenali 11 Gejala Happy Hypoxia pada Orang yang Positif Covid-19

Pada Jumat malam, akun Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah turut mengomentari unggahan tersebut. "Siap, segera kami koordinasikan dengan pemkab setempat, terima kasih." katanya.

Sabtu (12/9) siang, giliran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi aduan tersebut. Gubernur berambut putih itu mengatakan telah menerjunkan tim ke Pringsurat.

"Hari ini tim provinsi meluncur." kata Ganjar.

Netizen pun langsung menyerbu tweet Ganjar tersebut. Termasuk mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Sambil bercanda, Susi bahkan akan menenggelamkan Ganjar jika tidak benar-benar menerjunkan tim ke pencemaran itu.

"Tenan njih Pak Gubernur ... saya tenggelamkan kalau ndak selesai polusinya." kata Susi sambil menyertakan tiga jari telunjuk menunjuk ke atas serta masing-masing dua emotikon tertawa dan menangkupkan tangan.

Tidak mau kalah, Ganjar pun lantas membalas dengan ungkapan kaum milenial. "Ciyaaaaap bu Menteri!!!!"

Ternyata apa yang dikatakan Ganjar dengan menerjunkan tim bukan sekadar isapan jempol. Akun @yourlovelybaeee menyampaikan tim DLHK Provinsi telah meninjau lokasi pembuangan limbah. "Sudah ditinjau dari DLH juga ini tadi pagiii, semoga cepet kelar urusannya biar lingkungannya ga tercemar."

Perkara pembuangan limbah di sungai memang jadi salah konsen Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah. Ganjar pun telah mengundang pengusaha terkait agar segera membeli alat pengolah limbah. Bahkan beberapa kali dia sidak ke perusahaan pencemar sungai, khususnya Bengawan Solo dan menelusuri alur pembuangannya.

"Sebelum sampai Desember, ini sudah saya tagih dan lihat progresnya. Tadi ketemu sama perusahaan alkohol, dia berjanji akan menghentikan produksi sebentar untuk perbaikan pengelolaan IPAL dan kita hormati," terangnya saat sidak di Karanganyar beberapa waktu lalu. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler