Ada Gerbong Kereta untuk Berobat & Periksa Kesehatan Gratis

Jumat, 13 Juli 2018 – 18:21 WIB
RAIL CLINIC: Petugas medis memeriksa mata warga yang ikut pelayanan kesehatan gratis di Rail Clinic yang menyambangi Stasiun Patukan, Gamping, Sleman, Kamis (12/7). Foto: Guntur Aga T/Radar Jogja

jpnn.com, SLEMAN - Ada suasana berbeda di Stasiun Patukan, Gamping Sleman, Yogyakarta, Kamis (12/7). Perbedaan itu terlihat dengan adanya gerbong kereta bernama Rail Clinik.

Ada dua gerbong Rail Clinic yang berisi ruang untuk pemeriksaan dan peralatan kesehatan. Salah seorang warga Mejing Lor Ambarketawang Gamping, Yohanes Sukijo (71) yang diundang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Rail Clinic mengaku senang dan terbantu dengan kehadiran kereta khusus itu.

BACA JUGA: KAI Angkut 6,2 juta Penumpang Selama Masa Angkutan Lebaran

Menurutnya, memeriksakan kesehatan di Rail Clinic merupakan pengalaman baru. “Biasanya periksa di puskesmas, kali ini di kereta,” kata Sukijo seperti diberitakan Radar Jogja.

Manager Humas PT KAI DAOP 6 Eko Budiyanto menuturkan, saat ini sudah ada empat rangkaian Rail Clinic yang beroperasi di Jawa dan Sumatera. “Untuk pengoperasinnya fleksibel, berpindah-pindah sesuai dengan kebutuhan,” kata Eko.

BACA JUGA: Ini 6 Rute KA yang Mengalami Penurunan Tarif

Eko mengharapkan kehadiran Rail Clinic bisa membantu masyarakat di sekitar stasiun dan jalur kereta dalam meningkatkan kesehatan. Karena itu PT KAI juga mengimbau masyarakat agar turut serta dalam upaya menjaga fasilitas dan keamanan perjalanan kereta.

Dia menjelaskan, beberapa daerah memang belum bisa terjangkau oleh layanan kesehatan. Karena itu, Rail Clinic menyasar daerah-daerah tanpa layanan kesehatan yang dilintasi jalur rel.

BACA JUGA: Kereta Sleeper Diyakini Bakal jadi Tren

Eko mencontohkan kasus longsor yang terjadi di Garut. Akses menuju lokasi relatif bisa dijangkau dengan mudah jika memakai kereta.

Selain di Garut, bencana erupsi Gunung Agung yang memberikan dampak kepada warga di Banyuwangi juga menjadi titik perhatian. “Oleh karena itu kami juga mengirim Rail Clinic ini hingga Banyuwangi. Pokoknya dari ujung barat Jawa hingga timur,” tegasnya.

Adapun layanan kesehatan yang disediakan Rail Clinic adalah pemeriksaan gigi, pemeriksaan umum, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. “Semuanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis,” kata Eko.(har/din/fn/JPG)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hanya Tersedia 18 Seat, Intip Mewahnya Kereta Sleeper


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler