Sebuah kota terpencil di Australia Selatan yang berpenduduk hanya 12 orang, tetapi dikunjungi lebih dari 50.000 orang setiap tahunnya dalam waktu dekat akan memiliki klinik 'swalayan' yang dioperasikan dari jarak jauh.

Kota Innamincka, yang terletak lebih dari 800 kilometer timur laut Adelaide, Australia Selatan dan berbatasan dengan Queensland, akan menjadi rumah bagi klinik Layanan Terbang Dokter Kerajaan (RFDS).

BACA JUGA: Film Tentang Menstruasi Menangi Piala Oscar

Klinik ini akan dilayani oleh dokter dan perawat yang akan terbang setiap hari dari Broken Hill, di New South Wales bagian barat.

Tapi pada hari-hari di mana klinik tersebut tidak memiliki staf, pasien yang datang akan tetap dapat mengakses layanan melalui klinik kesehatan jarak jauh atau 'telehealth' di mana mereka dapat diobservasi dari jarak jauh oleh dokter.

BACA JUGA: Kisah di Balik Penemuan Kembali Lebah Terbesar di Maluku

Manajer pengembangan layanan kesehatan RFDS Jenny Beach mengatakan klinik 'kesehatan jarak jauh ini" akan memungkinkan seorang pasien menjalani serangkaian observasi penuh, bahkan ketika tidak ada perawat yang bertugas di kota itu sekalipun.

"Dokter akan dapat melihat ... pada dasarnya dapat melakukan penilaian yang jauh lebih baik," katanya.

BACA JUGA: KJRI Melbourne Himbau Tidak Dijadikan Lokasi Kampanye Pemilu

"Dokter akan dapat mengatakan 'buka laci nomor dua dan keluarkan sepotong kecil plastik berwarna hitam, dan teteskan cairannya di telinga Anda' dan dokter dapat mengoperasikan klinik itu dari tempat mereka berada.

"Keputusan kemudian tentang apakah seseorang baik-baik saja, atau apakah kita dapat memberikan mereka obat-obatan, atau apakah mereka membutuhkan pesawat untuk menjemput mereka, akan dilakukan."

Innamincka terletak di sebelah kota Cooper Creek yang membawa air hujan dari Selat di Queensland ke Danau Eyre.

Di masa lalu, kota ini kadang-kadang menjadi terputus dan terisolasi oleh banjir dan membuat penduduk setempat terdampar.

Jeanny Beach mengatakan model layanan kesehatan swalayan seperti ini sedang diluncurkan di sejumlah lokasi regional yang dapat mengubah pengiriman tenaga kesehatan di daerah terpencil. Photo: Klinik ini akan dioperasikan oleh RFDS, yang akan mengoperasikan pesawat seperti di gambar ini. (ABC News: Casey Briggs)

Pemerintah Australia Selatan telah mendanai sekitar setengah dari $ 800.000 untuk membangun klinik kesehatan jarak jauh ini melalui Dana Pertumbuhan Regional negara bagian.

Menteri Pembangunan Regional Tim Whetstone mengatakan layanan itu sudah lama tertunda.

"Kami merasa memiliki fasilitas permanen di Innamincka adalah yang diharapkan masyarakat pedalaman," kata Whetstone.

"[Innamincka] juga memiliki lebih dari 50.000 turis yang melewati kota ini setiap tahun."Layani kesehatan mental juga

Selain ruang untuk perawat, dokter praktik umum dan spesialis gigi, klinik baru ini juga akan memiliki ruang yang didedikasikan untuk layanan kesehatan mental.

Jeany Beach mengatakan RFDS berusaha membantu orang-orang di daerah menghadapi banyak masalah kesehatan mental yang mereka alami "seumur hidup" yang tidak nyaman didiskusikan banyak orang.

"Apa yang mereka lakukan sekarang adalah mereka pergi ke komunitas itu dengan tim orang, dan mereka ada di sana selama dua atau tiga hari," katanya.

"Jadi mereka bekerja dengan orang-orang dan orang-orang secara bertahap mulai terlibat, karena kesehatan mental adalah hal yang cukup sulit."

Jeanny Beach mengatakan permintaan layanan kesehatan mental tumbuh secara dramatis.

"Orang-orang yang menghadapi kekeringan di seluruh negara bagian ini sekarang ini semakin memperburuk masalah ini," katanya.

"Itu adalah mata pencaharian mereka, mereka menyaksikan ternak mereka mati ... situasi itu berlangsung terus-menerus [dan] tidak berhenti."

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria Ditembak Mati Karena Ingin Membajak Pesawat Bangladesh ke Dubai

Berita Terkait