Ada Virus Corona Jenis Baru, Belanda Larang Penerbangan dari Inggris

Senin, 21 Desember 2020 – 05:59 WIB
Ilustrasi logo kue berbentuk virus corona baru di Praha, Republik Ceko, 6 Oktober 2020. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Belanda telah melarang maskapai penerbangan membawa penumpang dari Inggris sebagai respons atas munculnya jenis/galur baru virus corona.

Pemerintah Negeri Oranye mengatakan, larangan itu akan berlaku sampai 1 Januari 2021.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Probolinggo Meninggal Karena Virus Corona, LaNyalla: Kami Berdukacita

Otoritas setempat mengatakan pihaknya masih mengamati perkembangan terkait temuan baru itu dan akan mempelajari kemungkinan penetapan larangan membawa penumpang dari Inggris pada moda-moda transportasi lainnya.

Pemerintah Belanda menyampaikan bahwa, pada awal Desember 2020, satu sampel kasus COVID-19 yang dideteksi di dalam negeri ternyata adalah galur virus sama seperti yang ditemukan di Inggris.

BACA JUGA: Virus Corona Jenis Baru Terdeteksi di Inggris, London Langsung Lockdown Ketat

Sebagai langkah untuk mengendalikan penyebaran virus tersebut, otoritas Belanda mengeluarkan imbauan jangan bepergian, kecuali ada  kepentingan yang benar-benar mendesak.  

Larangan membawa penumpang dari Inggris itu diumumkan setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan beberapa ilmuwan setempat pada Sabtu (19/12) mengumumkan bahwa galur baru virus corona yang ditemukan di negara itu 70 persen lebih menular. 

BACA JUGA: Alhamdulillah, Penularan Virus Corona di Pekanbaru Mulai Menurun

Johnson lanjut mengatakan pemerintah akan meningkatkan pembatasan dari level 3 --yang tertinggi, ke tingkat tertinggi yang baru, level 4, di London dan beberapa daerah di Inggris bagian tenggara. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler