Adang Pajero yang Dikemudikan Beni Haryanto, Petugas Melepas Belasan Tembakan

Senin, 29 November 2021 – 22:25 WIB
Petugas BNNP Jambi mengadang mobil Pajero yang dikemudikan Beni Haryanto dan melepas belasan tembakan saat penangkapan, Minggu (28/11). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAMBI - Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi mengadang mobil Pajero yang dikemudikan kurir narkoba bernama Beni Haryanto, di jalan Lintas Timur Sumatera, Minggu (28/11).

Dalam operasi itu, petugas BNNP Jambi menangkap Beni Haryanto disusul penangkapan bosnya yang seorang bandar bernama Jon Kuswadi alias Wadi.

BACA JUGA: Warga Melapor, Petugas Gerebek Kios Laundry, Alamak

Kabid Berantas BNNP Jambi Guntur Ario Tejo mengatakan kedua tersangka merupakan jaringan pengedar narkoba antarprovinsi yang ditangkap beserta barang bukti 2 kilogram sabu-sabu dan 100 butir pil ekstasi.

"Petugas sempat menutup jalan menggunakan truk dan mengeluarkan belasan tembakan peringatan kepada pelaku yang mencoba melarikan diri, putar balik ke arah Pekanbaru, Riau," kata Guntur Ario Tejo, dalam keterangan tertulis, Senin (29/11).

BACA JUGA: Anggap Polisi Gegabah, Reza Indragiri: Pelaku Mutilasi di Bekasi Bisa Lolos dari Hukuman

Guntur menjelaskan penangkapan Beni dilakukan petugas di perbatasan Jambi-Riau, daerah Suban, Tungkal Ulu, Minggu. Sementara Wadi diringkus di lokasi berbeda. Keduanya ditangkap setelah petugas BNN melakukan pemantauan sejak Sabtu (27/11).

Penangkapan Beni dilakukan tak jauh dari Pos PJR Unit VI Ditlantas Polda Jambi, pada pukul 01.37 WIB.

BACA JUGA: AKBP Gunarko Kerahkan 110 Pasukan Polri ke 18 Lokasi di Buton Selatan

Saat itu, Beni bersama satu orang rekannya melaju dari arah Pekanbaru menuju Jambi dengan mengendarai mobil Pajero Sport.

Ketika itu, laju kendaraan Beni diadang petugas menggunakan truk yang langsung diparkir melintang di badan jalan, tepat di depan Pos PJR. Petugas BNNP Jambi juga dibantu oleh personel PJR Polda Jambi.

Saat pengadangan itu, Beni langsung memutar kemudi dan memacu kendaraannya ke kawasan perumahan warga.

Namun, mobil Pajero itu berhasil diadang untuk kedua kalinya dan kurir narkoba tersebut ditangkap tanpa perlawanan berarti.

Dari pengakuan Beni, petugas BNN langsung bergerak menuju sebuah barak tempat Wadi menunggu Beni mengantarkan barang haram itu, di wilayah Merlung yang berjarak sekitar 30 menit dari lokasi penangkapan kurir.

Sesampainya di lokasi, petugas BNN langsung meringkus Jon Kuswadi alias Wadi bersama empat orang lainnya yang diduga sebagai anak buah dari bandar narkoba itu.

BACA JUGA: Sepak Terjang Pentolan KKB Demius Magayang yang Tertembak di Dekai, Ternyata

Di barak itu milik Wadi, tim BNNP Jambi mengamankan sejumlah timbangan digital dan timbangan manual.

"Jadi, kami mengamankan kurir dan bandar, di mana diketahui barang tersebut dijemput dari wilayah Pekanbaru," ucap Guntur Aryo Tejo yang memimpin langsung operasi penangkapan itu. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler