AFA Tunjuk Sabella Gantikan Batista

Sabtu, 30 Juli 2011 – 09:47 WIB
BUENOS AIRES - Kursi pelatih timnas Argentina telah terisiSeiring dipecatnya Sergio Batista awal pekan ini (26/7), Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) telah menunjuk Alejandro Sabella sebagai pelatih pengganti kemarin (29/7)

BACA JUGA: Kontrak Pemain Berakhir Besok

Sabella merupakan pelatih ke-30 sepanjang sejarah Tim Tango - sebutan timnas Argentina.

"Keputusan telah diambil dan pilihan jatuh kepada Sabella," demikian konfirmasi dari Jose Luis Meiszner, sekretaris umum AFA, kepada kantor berita Telam.

Tugas utama Sabella adalah meloloskan Tango ke Piala Dunia 2014
Tugas yang di atas kertas tidak sulit mengingat tersedia empat tiket lolos dan satu tiket playoff bagi sembilan negara di kualifikasi zona CONMEBOL

BACA JUGA: Cari Pelatih, Tawari Pemain

Itu sudah minus Brazil yang lolos langsung sebagai tuan rumah.

Tapi, selain lolos ke Piala Dunia 2014, Sabella diharapkan mampu membenahi penampilan Tim Tango yang di era Batista gagal total di Copa America 2011
Bertanding di kandang sendiri, Batista hanya mampu membawa Lionel Messi cs sampai perempat final

BACA JUGA: Fans Atletico Bakar Kostum Aguero

Itu setelah Tim Tango kalah adu penalti 4-5 dari Uruguay yang akhirnya tampil sebagai juara.

Batista pun hanya bertahan delapan bulan atau sejak menggantikan Diego Maradona yang dilengserkan setelah Argentina tersandung di perempat final Piala Dunia 2010Sejak 1993 atau kali terakhir Argentina meraih juara (Copa America), sudah tujuh pelatih silih berganti jadi korban.

Yang menjadi pertanyaan, apakah Sabella mampu mengakhiri tren kegagalan itu? Jika menilik jam terbangnya, Sabella masih hijau karena baru terjun sebagai pelatih dua tahun lalu bersama Estudiantes pada usia 55 tahunMeski begitu, Sabella mampu mempersembahkan trofi Copa Libertadores di tahun pertamanya, lalu gelar Apertura 2010.

Di sisi lain, penunjukan Sabella sebagai pelatih Argentina menyisakan masalahItu setelah muncul komplain dari klub asal Uni Emirat Arab Al Jazira yang menyebut Sabella telah melanggar kesepakatan untuk menjadi pelatih baru mereka selama setahun ke depan.

Sabella sebenarnya dijadwalkan hadir dalam program pramusim klub di Abu Dhabi Selasa lalu (27/7)Namun, seiring adanya tawaran dari AFA untuk menangani Argentina, Sabella memutuskan untuk membatalkan kontrak dengan Al Jazira yang sudah disepakati bulan lalu.

Al Jazira sebenarnya tidak ingin terlalu memperbesar masalah karena hanya meminta Sabella datang minta maaf"Kami masih menunggu penjelasan darinya karena dia tiba-tiba pergi tanpa kabar," kata manajer tim Al Jazira Ayeb Makbout kepada Sport360.

"Dia tidak mendatangi kami dan mengatakan ingin membatalkan kontrak dengan kamiAtas situasi saat ini, klub kami telah melakukan pencarian pelatih baru dan peresmiannya menunggu setelah Sabella meminta maaf secara resmi kepada kami," imbuhnya(dns/bas)

Data Diri
Nama Lengkap     : Alejandro Sabella
Kebangsaan          : Argentina
Lahir                        : Buenos Aires, 5 November 1954
Karir Pemain:
1974-1978     River Plate    
1978-1980     Sheffield United    
1980-1981     Leeds United    
1982-1985     Estudiantes    
1986-1987     Gremio
1987                Estudiantes    
1987-1988     Ferro Carril Oeste    
1988-1989     Irapuato    
Karir Timnas:
1983     Argentina (4 caps)
Karir Pelatih:
2009-2011     Estudiantes
2011                Al Jazira
2011-               Argentina

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hanya Mau Bayar Riedl Dua Bulan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler