Afgan Fobia Barongsai

Selasa, 24 Januari 2012 – 07:37 WIB
Afgan. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

JAKARTA - Perayaan Imlek tidak lengkap tanpa kehadiran atraksi barongsai. Pertunjukan yang melambangkan perpaduan hewan naga dan singa itu selalu memeriahkan perayaan tahun baru Imlek. Banyak yang suka dengan aksinya yang lincah. Namun, siapa sangka, penyanyi ganteng Afgan justru takut setengah mati dengan barongsai. Sebisanya dia tidak berada di dekat barongsai.

"Nggak tahu, fobia datang sendiri mungkin ya," ujar Afgan saat ditemui di studio RCTI kemarin (23/1). Penyanyi berkacamata itu menuturkan, dirinya mengalami fobia tersebut sejak kecil. Namun, dia tidak ingat persis penyebab dirinya takut pada barongsai.

"Saya mau memilah-milah kenapa bisa kayak gitu. Mungkin waktu kecil ya digangguin barongsai. Saya juga lupa," ungkapnya.

Menurut penyanyi 22 tahun itu, penampilan si barongsai cukup menakutkan. Apalagi jika sang barongsai mulai bergerak meliuk-liuk. "Agak menakutkan ya. Naga, besar, panjang, dan bergerak-gerak gitu," katanya.

Saking takutnya, suatu kali, pelantun tembang Panah Asmara itu makan bersama teman-temannya. Tiba-tiba mereka didatangi barongsai yang tengah keliling. Tanpa pikir panjang, Afgan lari terbirit-birit. "Langsung lari aja. Hal yang unik sih memang," ujarnya.

Afgan memiliki keinginan untuk menghilangkannya. Namun, dia belum menemukan cara yang tepat. Hingga saat ini, Afgan tidak keberatan tampil dalam acara perayaan Imlek. Asalkan, dia tidak satu panggung dengan barongsai.

"Saya sering nyanyi kok di acara-acara warga keturunan Tionghoa. Tapi, sebelum nyanyi, saya pastikan dulu barongsainya selesai main karena dengar bunyinya aja nggak berani. Tapi, saya berusaha ngilangin," imbuhnya.

Tahun ini Afgan juga tetap manggung saat perayaan Imlek. Bahkan, jadwalnya kemarin cukup padat. Akibatnya, tenggorokan Afgan mengalami radang. "Karena itu, setelah manggung, mau istirahat. Lagi radang ini, besok nyanyi lagi," kata dia. (ken/c6/any)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Foto Syur Beredar, Manohara Merasa jadi Korban Oknum Iseng


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler