Agar tak Mudah Terkecoh, Mahasiswa Disarankan Belajar Politik

Senin, 27 Mei 2013 – 22:00 WIB
JAKARTA – Indonesia saat ini dikepung produk-produk asing yang masuk di segala bidang. Baik bidang retail, perbankan, telekomunikasi dan banyak bidang lainnya.

Kondisi ini sangat tidak baik, apalagi jika tidak diikuti tingginya ekspor produk yang dihasilkan anak bangsa.Karena itu perlu dilakukan perubahan, paling tidak untuk membuat Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

Menurut Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto, untuk mewujudkan hal tersebut, butuh perubahan dari semua pihak. Terutama harus dimulai dari pemimpin, karena seorang pemimpin merupakan pemrakarsa perubahan itu sendiri.

“Namun perubahan dari para mahasiswa sebagai calon pemimpin juga tidak kalah penting. Selama ini mahasiswa dengan semangat, jiwa dan dengan kemampuan intelektualitas yang ada, terbukti mampu mendobrak dan melakukan perubahan. Apalagi sejarah juga membuktikan, pendobrak perubahan di Indonesia dimotori para mahasiswa,” ujarnya dalam diskusi yang digelar mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), di Jakarta, Senin (27/5).

Menurut Wiranto, perubahan dari para mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mendobrak zona kemapanan, yang tidak mau diubah sejumlah pemimpin yang ada. Apalagi kemapanan tersebut bersifat semu yang hanya dinikmati segelintir orang tertentu.

Ini terlihat salah satunya dari iklim perekonomian yang ada. “Jadi inilah yang harus didobrak. Posisi mahasiswa sangat penting dalam proses perubahan sosial. Karena itu mahasiswa harus paham dan memelajari politik, agar tidak mudah terkecoh dengan bias pembentukan image dan pencitraan. Mari berpolitik yang positif menuju tercapainya kesejahteraan bangsa,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Pascasarjana UNJ, Prof Dr Yetty Supriyati, menjelaskan pihak kampus mendatangkan Wiranto sebagai pembicara karena mantan Panglima TNI itu merupakan seorang tokoh bangsa yang memiliki pengalaman kepemimpinan nasional. Selain itu, Wiranto juga merupakan seorang mahasiswa program doktor di Kampus UNJ.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil SNM PTN Diumumkan Besok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler