Agung Menilai Kekeringan Belum Mengkhawatirkan

Jumat, 07 September 2012 – 22:38 WIB
JAKARTA - Dampak musim kemarau yang tengah mengancam Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dinilai masih dalam keadaan terkendali. Hal tersebut dibuktikan dari masih adanya beberapa waduk yang tidak mengalami kekeringan total dan mampu menampung persediaan air bersih.

"Dampaknya masih normal dan terkendali. Beberapa waduk juga masih ada yang tidak kering sama sekali dan ada yang stabil," ungkap Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono di Kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Jumat (7/9).

Agung juga mengungkapkan, beberapa kementerian juga sudah melakukan suatu program pompanisasi dan juga membuat beberapa sumur yang cukup dalam untuk ketersediaan air bersih bagi masyarakat. Sebut saja, Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum.

"Mengenai anggarannya, mereka yang cukup tahu. Tapi kalau tidak salah sekitar Rp 1 triliun lebih dan itu terkumpul dari beberapa kementerian," ujarnya.

Lebih jauh Agung menambahkan, program pompanisasi ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat. Sehingga, masyarakat masih dapat menikmati air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

"Kalau musim kering seperti ini memang sangat sulit. Tapi dengan adanya  program pompa diharapkan dapat untuk membantu masyarakat. Sekarang memang harus ada langkah awal untuk  menyelamatkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih," tukasnya. (Cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia Tuan Rumah EASAN 3

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler