Ahmad Dhani, Erwin Prasetya, dan Casiopea

Senin, 04 Mei 2020 – 07:35 WIB
Ahmad Dhani saat bersama mendiang Erwin Prasetya. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Musikus Ahmad Dhani mengenang sahabatnya, Erwin Prasetya yang belum lama ini meninggal dunia.

Suami Mulan Jameela itu mengaku mengenal mantan pemain bas Dewa 19 itu sejak duduk di bangku SMP.

BACA JUGA: Ahmad Dhani: Dia Cukup Berpengaruh dalam Perjalanan Dewa 19

"Saya dan Andra kenal Erwin dari SMP 6 Surabaya. Erwin enggak pernah sekelas dengan saya, yang pernah sekelas sama saya itu Andra," kata Ahmad Dhani dalam vlog di akun YouTube Video Legend miliknya, Minggu (3/5).

Bapak lima anak itu menyebut Erwin Prasetya sangat berpengaruh dalam urusan musik baginya maupun Dewa 19.

BACA JUGA: Ahmad Dhani: Di Antara Kami Dewa 19, Erwin Paling Rajin Salat


Ahmad Dhani bersama almarhum Erwin Prasetya (tiga dari kiri). Foto: Instagram

 

BACA JUGA: Nikita Mirzani Akui Total Kekayaannya Mencapai Triliunan, Tetapi...

Menurut Ahmad Dhani, Erwin berjasa mengenalkan band asal Jepang, Casiopea kepadanya. Musik dari grup tersebut yang kemudian mempengaruhi musik Dewa 19.

"Apa pengaruh Erwin kepada saya atau Dewa 19, tentunya ada, pasti ada, karena nomor 1, Erwin itu SMP satu geng sama kami. Seperti teman yang lain saya, saya banyak terpengaruh musik dari teman-teman," jelasnya.

"Erwin itu mengenalkan kepada saya dan Andra yakni grup asal Jepang, Casiopea, awalnya saya kurang menyukai karena musik jazz kok gini. Erwin itu ngefan ke Casiopea. Kalau enggak ada Erwin, saya dan Andra enggak suka musik Casiopea, otomatis musik Dewa 19 enggak seperti sekarang ini," sambung Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani menilai Erwin Prasetya tidak hanya piawai bermain bas. Menurutnya, sahabatnya itu juga berbakat menciptakan lagu. Salah satu lagu yang paling berkesan menurutnya adalah Kirana.

"Erwin jadi pengarang lagu yang jago juga. Siapa pertama kali yang menemukan Erwin jago bikin lagu? Ya saya. Awal Erwin bikin lagu buat Dewa 19 itu adalah Still I'm Sure We'll Love Again, untuk seorang pemula itu lagu bagus banget. Puncak kreatifitas Erwin di lagu Kirana, setelah itu menurun. Apalagi lagu Misteri Ilahi, itu cocok buat Ari Lasso, buat Dewa 19 enggak cocok," beber Ahmad Dhani.

Seperti diketahui, Erwin Prasetya meninggal dunia pada Sabtu (2/5) pagi di RS Asih, Ciputat. Beliau mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit pendarahan di lambung.

Erwin Prasetya menjadi bagian dari Dewa 19 sejak awal berdiri. Pemain bas andal itu kemudian keluar pada 2002 silam. Setelah cabut, dia sempat membantu TIC Band dan NuKLA. (mg3/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler