Ahok Naik Reog, Diarak Keliling Balai Kota

Kamis, 08 November 2012 – 18:02 WIB
JAKARTA - Siapa menyangka ternyata di DKI Jakarta ada grup kesenian Reog yang kualitasnya tidak kalah dengan di tempat asalnya, Ponorogo, Jawa Timur. Bahkan dalam Festival Reog Nasional 2011, kontingen Jakarta keluar sebagai juara.

Tahun 2012 ini Festival Reog Nasional akan kembali digelar. Kontingen DKI pun sudah bersiap untuk mempertahankan gelar juara.

Kamis (8/11),  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama secara seremonial melepas keberangkatan kontingen reog Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta.

Rencananya, mereka akan berkompetisi dalam festival yang diadakan di Ponorogo tanggal 13 November mendatang.

"Saya mewakili gubernur DKI Jakarta akan melepas kontingen reog DKI untuk mengikuti reog nasional. Mudah-mudahan juara umum," kata Basuki di depan Balai Kota Jakarta, Kamis (8/11).

Dalam kesempatan tersebut kontingen Reog Jakarta sempat memperagakan kemahirannya. Bahkan Basuki pun sempat diarak keliling Balai Kota di atas macan reog.

Basuki yang biasa dipanggil Ahok optimis kontingen DKI Jakarta bisa kembali memperoleh gelar juara umum tahun ini. Ia pun berharap kesenian asal Jawa Timur ini tidak diklaim lagi oleh negara lain.

"Ya, jadi harus juara lagi dong. Ini bagus kok. Ini menarik. Ini asli makanya jangan sampai diklaim negara lain lagi, gak boleh," tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Paguyuban Reog se-Jabodetabek, Yulianto mengatakan bahwa kesenian reog  memang berkembang dengan baik di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Terbukti saat ini ada 97 grup reog di wilayah Jabodetabek.

"Kami sering berkumpul dan melakukan pertemuan dan untuk festival kali ini kami berada dibawah binaan pemda DKI," ujar Yulianto. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Jurus Jokowi Hadapi Banjir

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler