AHY Petik Apel, Demokrat Bicara Pertanian, Ada Apa?

Selasa, 24 Oktober 2023 – 19:39 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengunggah dirinya memanen apel saat santer isu reshuffle kabinet. Foto: Instagram @agusyudhoyono

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra berbicara soal bidang pertanian di tengah santer kabar reshuffle kabinet Jokowi untuk mengisi kekosongan posisi Menteri Pertanian.

Herzaky bahkan mengungkapkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY akan memberikan kuliah umum di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad).

BACA JUGA: AHY Panggil Elite Demokrat, Bahas Soal Kemungkinan jadi Menteri?

"Kamis Mas AHY juga bakal berikan kuliah umum di Fakultas Pertanian Unpad ada dies natalies fakultas pertanian Unpad bandung," kata Herzaky di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

Namun, dia menyebutkan acara itu sudah dipersiapkan jauh sebelum isu reshuffle kabinet Jokowi. 

BACA JUGA: Reshuffle Pekan Ini, Ada Kode AHY soal Pertanian, Demokrat Bisa Menakutkan Partai Lain

Dia menilai unggahan AHY yang memetik apel di Malang sebagai semua promosi agar masyarakat menggunakan sebaik mungkin produk lokal. 

"Kan, buah-buahan kita, pertanian kita ini tidak kalah dengan negara luar. Lalu bagaimana caranya kita bisa lebih mengoptimalkan perlindungan terhadap petani dalam konteks penyediaan pupuk yang subsidi ya bisa semakin banyak ke depannya," lanjutnya. 

Herzaky menyebutkan jika pihaknya dipercaya di pemerintahan, Demokrat akan memprioritaskan sektor pertanian.

"Salah satunya bagaimana penyediaan pupuk murah, bagaimana misalnya dalam konteks kualitas produk-produk pertanian kita itu juga makin bagus," jelasnya.

Dia menjelaskan dengan teknologi yang ada saat ini harus bisa berkembang.

"Lalu bagaimana harganya bisa stabil. Jadi, bukan hanya petani yang diuntungkan, semakin besar pasar yang terbuka, misalkan untuk produk kita, janganlah kita sibuk mengimpor, tetapi semakin besar produk kita yang bisa diekspor," jelasnya.

Herzaky menyebutkan pihaknya berharap ke depan semakin banyak produk pertanian Indonesia yang bisa diekspor ke luar negeri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bakal merombak atau melakukan reshuffle kabinet pada pekan ini.

Reshuffle dilakukan untuk menggantikan posisi Menteri Pertanian yang ditinggalkan Syahrul Yasin Limpo tersangkut dugaan kasus korupsi.

Saat ini posisi Menteri Pertanian dijabat pelaksana tugas atau Plt. Arief Prasetyo Adi.

Di tengah isu tersebut, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengunggah foto dirinya saat memanen apel dengan narasi soal pertanian.

"Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi produk pertanian lokal, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu apel Malang" kata AHY di Instagram @agusyudhoyono.

AHY menjelaskan foto itu saat dirinya memetik langsung apel di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur.

Putra SBY itu juga menyebutkan pertanian adalah salah satu sektor yang perlu dibangun dan didorong untuk bangkit dan maju.

"Partai Demokrat akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian," tuturnya.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler