AIBP Global Connect Fasilitasi Kemitraan Internasional untuk Transformasi Digital

Jumat, 30 Agustus 2024 – 22:39 WIB
AIBP Global Connect memfasilitasi kemitraan internasional dalam transformasi digital Indonesia. Foto: AIBP

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 15 startup dari Taiwan, bertemu dengan berbagai lembaga dan perusahaan di Indonesia, untuk menjajaki kemitraan dan kolaborasi dalam mewujudkan ekonomi digital.

Pertemuan bisnis tersebut dilakukan dalam event ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) Conference & Exhibition di Jakarta.

BACA JUGA: PPN Memperkenalkan Pola Kemitraan Bisnis Non-BBM di IFRA 2024

Adapun 15 perusahaan tersebut dipilih melalui 'Program Intensif Digital+ untuk Startup Digital' Ministry of Digital Affairs (MODA).

Program ini diluncurkan oleh Administration for Digital Industries (ADI) di bawah Kementerian dan dijalankan oleh Taipei Computer Association (TCA), yang telah menjalin hubungan kerja sama erat dengan AIBP untuk menyempurnakan penawaran dan solusi dari perusahaan-perusahaan tersebut agar lebih selaras dengan pasar Indonesia.

BACA JUGA: Teknologi AI Jadi Jawaban Kebutuhan Mendesak Sektor Manufaktur

"Pertemuan itu untuk lebih memahami bagaimana dapat berkontribusi terhadap Visi Digital Indonesia 2045, khususnya dalam penerapan Kecerdasan Buatan (AI)," kata Chairul Saleh, Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja (PPTK) Kemenko Perekonomian dalam keterangannya, Jumat (30/8).

Adapun temuan Survei Inovasi AIBP 2024 menunjukkan bahwa 82% responden Indonesia menyebutkan privasi dan keamanan sebagai hambatan utama adopsi AI.

BACA JUGA: Data Center Aman & Andal jadi Kunci Transformasi Digital Keuangan

Kemudian, 63% bisnis Indonesia tengah mengembangkan strategi yang berfokus pada AI, dan 67% tengah menjajaki AI untuk otomatisasi proses.

AIBP akan melanjutkan kegiatan AIBP Global Connect di seluruh ASEAN dalam beberapa bulan mendatang.

Petronas, salah satu dari 2 pemenang AIBP Enterprise Innovation Awards di Indonesia tahun ini, akan bergabung dengan Konferensi & Pameran AIBP ke-47 di Malaysia, pekan depan.

Mereka akan berbagi studi kasus tentang bagaimana penggunaan AI untuk mendeteksi penyalahgunaan dan penipuan dalam distribusi bahan bakar bersubsidi. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler