Airlangga Kirim 3 Nama Pengganti Menpora ke Jokowi

Selasa, 14 Maret 2023 – 22:41 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyodorkan tiga nama pengganti Zainudin Amali sebagai menteri pemuda dan olahraga (menpora) kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Ketua umum kami sudah memberikan ke presiden. Kita tinggal tunggu presiden milih yang mana dari tiga calon yang diusulkan," kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/3). Hanya saja, dia enggan membeber nama-nama tersebut.

BACA JUGA: Tinggalkan Kursi Menpora, Zainudin Amali Pamit ke Ketum KONI

"Kita tunggu saja, itu di kantong ketum (ketum), saya enggak sempat ngintip," ungkapnya.

Wakil ketua DPR itu pun meminta publik menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi terkait sosok pengganti Zainudin Amali.

BACA JUGA: AHY Sebut Proyek Era Jokowi Tidak Bermanfaat dan Bikin Utang Membengkak

Mantan Danjen Kopassus TNI AD itu hanya memberi petunjuk bahwa tiga nama yang disodorkan kepada Jokowi itu tidak jauh dengan nama-nama potensial pengganti menpora yang beredar di publik.

"Iya, ada banyak yang beredar, tetapi sudah ya, kira-kira yang di situ masuk semua," katanya.

BACA JUGA: Airlangga-Muhaimin Mampu Cegah Politik Identitas Dan Menangkan Pilpres 2024

Dia menjelaskan usulan nama yang diserahkan Airlangga itu dikurasi berdasarkan kriteria yang diberikan Presiden Jokowi untuk mengisi kursi menpora di Kabinet Indonesia Maju.

Terkait hal tersebut, kata dia, Presiden Jokowi menaruh fokus menyangkut Indonesia yang akan menjadi tuan rumah dalam gelaran Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Yang jelas harus bisa ngurusin pemuda dan olahraga, kan, itu. Artinya, dia punya akses ke kepemudaan dan punya akses untuk bagaimana meningkatkan olahraga," ucapnya.

Dia menyebut pembahasan tiga nama yang diusulkan untuk menggantikan posisi menpora itu telah dibahas secara internal partainya seusai Zainudin Amali menyatakan mengundurkan diri.

"Di situ Pak Amali menyampaikan surat pengunduran diri kepada presiden dan sudah diterima presiden. Nah, berikutnya presiden minta kepada ketum siapa calon menpora," jelasnya.

Presiden Jokowi, Senin (13/3), menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas menpora selepas pengunduran diri Amali. 

Jokowi saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3), menyampaikan sejauh ini dia belum menentukan pengganti definitif menpora.

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kami putuskan. Sekarang, (jabatan menpora) sudah di-plt-kan ke Pak Menko PMK,” kata Jokowi menjawab pertanyaan ANTARA.

Adapun pada Senin (13/3), Zainudin Amali menyatakan sudah tak lagi menjabat sebagai menpora setelah surat pengunduran dirinya resmi diterima Presiden Jokowi.

"Senin ketemu Pak Jokowi, pagi hari ini saya sudah ketemu beliau. Beliau menyampaikan sudah menerima surat, diizinkan untuk mundur dari menpora," kata Amali saat mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Politikus Partai Golkar itu mengundurkan diri karena ingin fokus mengurus PSSI. Mengingat pada Kongres Luar Biasa PSSI bulan lalu (16/2), dia terpilih sebagai wakil ketua umum. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler