AISMOLI Minta Pemerintah Mempercepat Pembentukan Ekosistem Kendaraan Listrik

Kamis, 23 Februari 2023 – 18:26 WIB
Konvoi sepeda motor listrik. Foto dok Electrum

jpnn.com, JAKARTA - Pasar otomotif nasional mulai dibanjiri produsen sepeda motor listrik, seiring perubahan tren ke mobilitas ramah lingkungan.

Pertumbuhan itu juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam percepatan program KBL Berbasis Baterai untuk transportasi jalan

BACA JUGA: BSN Kampanyekan Kendaraan Listrik dan Standardisasi di EVSE 2023

Penerimaan kendaraan listrik oleh masyarakat juga mulai meningkat.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) mencatat puluhan ribu sepeda motor listrik terjual sejak 2019.

BACA JUGA: Indonesia Berpeluang jadi Industri Kendaraan Listrik Terbesar, Jokowi: Semua Ada

Namun, menurut Ketua Umum AISMOLI Budi Setiyadi, tidak sedikit pula masyarakat yang masih ragu dengan kendaraan listrik.

Oleh karena itu, pemerintah sudah merencanakan percepatan melalui sejumlah program.

BACA JUGA: Soal Insentif Kendaraan Listrik, Jokowi Bilang Begini, Ternyata

Sekjen Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik (AISMOLI) Hanggoro Ananta menjelaskan upaya itu bisa dilihat dari dikeluarkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Berdasarkan Perpres tersebut, pemerintah memiliki rencana yakni Percepatan program KBL Berbasis Baterai untuk transportasi jalan diselenggarakan melalui:

a. percepatan pengembangan industri KBL Berbasis Baterai dalam negeri;

b. pemberian insentif;

c. penyediaan infrastruktur pengisian listrik dan pengaturan tarif tenaga listrik untuk KBL Berbasis Baterai;

d. pemenuhan terhadap ketentuan teknis KBL Berbasis Baterai; dan

e. perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Termasuk, Instruksi Presiden Republik Indonesia (InPres RI) No. 7 Tahun 2022 tentang Penggunaaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Baterai Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasionl dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Apabila insentif dan rencana pemerintah itu terus didorong bakal menarik pengguna sepeda motor listrik lebih banyak. Masyarakat akan menjadikan kendaraan listrik sebagai salah satu pilihan dalam pembelian kendaraan pada masa akan datang," ujar Hanggoro, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Bagi dia, pemerintah saat ini perlu banyak melakukan koordinasi untuk mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Selain itu, AISMOLI akan menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan bisnis dan industri sepeda motor listrik yang kompetitif dan bertanggung jawab di Indonesia.

AISMOLI adalah sebuah perkumpulan dan wadah dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri kendaraan bermotor listrik, khususnya sepeda motor listrik dan juga bengkel konversi yang berlokasi di Indonesia.

AISMOLI dibentuk pada 17 Januari 2022 sesuai dengan SK MenKumHam. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Subsidi Kendaraan Listrik Dinilai Tidak Tepat hingga Muncul Sebuah Petisi


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler