Aji Ingin Fokus U-23

Setelah Gagal Lawan Bahrain

Minggu, 04 Maret 2012 – 05:50 WIB
Timnas latihan. Foto: Doly S/Malang Post/Dok.JPNN

JAKARTA-Pelatih Timnas Pra Piala Dunia (PPD) Aji Santoso mengaku siap bertanggung jawab dengan kekalahan 0-10 atas Bahrain pda 29 Februari lalu. Meski mencoreng karir kepelatihannya, Aji tetap akan terus melatih dan tidak akan mundur dari dunia kepelatihan.

"Saya bertanggung jawab atas hasil tim ini. Ini terburuk dalam kariri kepelatihan saya, tapi tidak lantas berhenti disini. Ini jadi ajang instropeksi untuk semua," ujarnya saat ditemui sepulang dari Bahrain, kemarin (3/3).

Ke depan, Aji berniat untuk kembali ke fungsi awalnya dan tidak lagi menangani tim senior. Pelatih asal Malang tersebut akan meminta kepada PSSI agar bisa lebih fokus menangani tim U-23. Itu cukup beralasan karena selama ini tim senior yang dilatihnya bermaterikan pemain muda.

"Saya akan berbicara kepada pengurus PSSI. Kalau bisa, ini kan tim senior yang materinya pemain muda. Akan  lebih baik kalau saya hanya konsentrasi di U-23," ucap Aji.

Ya, selama ini status Aji adalah pelatih sementara timnas Senior. Sejatinya kontrak dia adalah sebagai pelatih U-23. Tapi dalam pertandingan melawan Bahrain dirinya dijadikan pelatih timnas senior karena materinya adalah anak didiknya di U-23.

Saat dikonfirmasi, koordinator Timnas PSSI Bob Hippy juga membenarkan hal ini. Dia menepis jika Aji dianggap mundur dari timnas Senior. Dia menyebut memang Aji hanya melatih satu pertandingan, setelah itu fungsinya akan dikembalikan kepada tugas semula, sebagai pelatih U-23.

"Bukan mundur dari tim senior. Tapi memang dia kembali ke tugasnya melatih U-23. Pelatih senior itu kan hanya satu pertandingan itu saja, karena materinya pemain muda," tutur mantan pemian Nasional tersebut.

Bob menegaskan bahwa hasil kekalahan 0-10 itu tidak akan memengaruhi posisi Aji. Dia akan tetap berada di kursi pelatih U-23 karena tugasnya adalah membentuk timnas yang akan dipersiapkan untuk SEA Games 2013 mendatang di Myanmar.

Karena itu, langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh PSSI hanyalah evaluasi kembali terhadap hasil pertandingan pemain muda. Jika memang ada yang tidak layak berada di tim, maka akan digantikan dengan pemian baru yang lebih siap. "Tugas Aji itu jangka panjang. Tidak bisa dinilai dari satu pertandingan karena tim ini juga baru dibentuk," terangnya.

Selanjutnya, Bob akan meminta kepada Aji untuk memilih kembali pemain timnas U-23 dengan tambahan dari pemain-pemian U-21 yang saat ini sedang berlaga di Brunei. Pihaknya telah menyiapkan beberapa kali tryout untuk mematangkan timnas U-23 dengan materi lebih bagus.

Target tim yang ditangani Aji ini adalah juara. Untuk itu, persiapan yang dilakukan pun bakal dilipatgandakan agar hasil terbaik bisa dicapai. "Karena itu mulai Januari 2012 sudah kami mulai persiapannya," tandasnya. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Terlihat di Klub Striptis, Balotelli Terancam Dicoret Mancini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler