Akbar Sarankan Surya Jaga Kelompok Muda di NasDem

Kamis, 29 November 2012 – 19:39 WIB
JAKARTA - Politisi senior akbar Tanjung memberi nasihat ke Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh. Akbar yang kini menjadi Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, menyarankan Surya agar bisa menjaga keberadaan kalangan muda di artai NasDem.

"Menurut saya, pada saat-saat ini anak muda sudah waktunya diberi peranan lebih besar agar mereka pada waktunya nanti siap mengisi jabatan-jabatan politik, jabatan-jabatan strategis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Akbar saat dihubungi, Kamis (29/11), guna dimintai tanggapan terkait beredarnya kabar bahwa Surya Paloh akan mengambil alih kepengurusan NasDem.

Menurut Akbar, sebenarnya bukan hal aneh jika Surya ingin mengendalikan NasDem sepenuhnya. Sebab sebagai politisi, katanya, Surya tentu ingin betul-betul terlibat secara intens di dalam pengambilan keputusan di NasDem terutama menjelang agenda politik nasional Pemilu 2014. "Itu satu hal yang wajar," ulas Akbar.

Hanya saja diingatkannya pula, mengambil alih kepengurusan DPP NasDem tentu akan memunculkan pro dan kontra. Karenanya, lanjut Akbar, jika memang ingin menjadi Ketua Umum Partai NasDem maka Surya harus pandai-pandai mengkomunikasikan keinginannya itu dengan disertai segala argumentasinya.

"Kan bisa dia jelaskan secara rasional, objektif dan sampai sejauhmana dia akan melibatkan diri dalam memimpin Nasdem. Kalau dia (Surya,red) bisa meyakinkan, mereka juga bisa memahami," lanjut Akbar.

Meski demikian Akbar juga berharap Surya tidak asal gusur. Menurutnya, peran kalangan muda di NasDem selama ini juga harus diperhatikan karena sudah membawa partai baru itu lolos tahapan veririkasi di KPU. "Tentu perlu diperhatikan posisinya (kalangan muda,red)," tegasnya.

Akbar menambahkan, sebenarnya Surya bisa menempatkan diri seperti almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di PKB. "Seperti Gus Dur dulu juga kan secara intens ikut. Keputusan-keputusan partai juga harus dapat persetujuan atau konfirmasi dari beliau, terutama yang berkaitan dengan putusan-putusan penting menyangkut masalah politik nasional, pemerintahan dan kenegaraan," cetusnya.

Seperti diketahu, posisi Ketua Umum Partai NasDem saat ini ditempati Patrice Rio Capella. Sedangkan posisi Sekjen dipegang oleh Ahmad Rofiq.

Namun Ketua Majelis Pertimbangan Ormas Nasional Demokrat, Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdjianto mengungkapkan bahwa dalam acara konvensi Partai Nasdem pada Januari mendatang, mandat kepengurusan akan diberikan kepada Surya Paloh. Selanjutnya, Surya Paloh yang saat ini menjabat Ketua Majelis Nasional Partai NasDem  akan menjadi ketua umum partai tersebut. (jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan dan JK Kandidat Capres Terkuat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler