Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah

Program Bareng Bintang Toedjoe dan PMI Bangun Bangsa dengan Darah

Senin, 11 Mei 2015 – 15:26 WIB
Rio Dewanto, Simon Jonatan dan Ginandjar Kartasasmita beserta pihak PMI foto bareng usai penandatanganan MoU kegiatan, di kantor PMI Pusat, Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan, Senin (11/5) siang. Foto: ist

jpnn.com - PALANG Merah Indonesia (PMI) dan PT Bintang Toedjoe selaku produsen Extra Joss bakal menggelar donor darah serentak di 30 Kota Indonesia pada 23 Mei (di Jakarta) dan 24 Mei (di 29 kota besar) mendatang.

Kegiatan ini berkaitan dengan Hari Kebangkitan Nasional, dengan ide menggerakkan para pemuda/mahasiswa maupun semua elemen bangsa di seluruh Indonesia untuk menunjang terpenuhinya kebutuhan kantong darah PMI selama 1 tahun ke depan.

BACA JUGA: Hiiii... Jenggot Lebih Kotor Dari Toilet

Target kantong darah PMI sendiri dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan, sedangkan proses penyediaan kantong darah melalui donor darah sangat tergantung dari kesiapan para pendonor darah itu sendiri.

Ajang ini diberi tajuk Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah. "Ini salah satu bentuk support kami kepada PMI," ujar Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonatan, dalam jumpa pers di kantor PMI Pusat, Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan, Senin (11/5) siang.

BACA JUGA: Panduan Pasti Membersihkan Organ Intim Kewanitaan

Simon mengaku pihaknya akan sangat mengapresiasi aksi para pendonor darah. "Mereka memberikan yang terbaik untuk bangsanya, mereka rela menyumbangkan darahnya untuk mereka yang membutuhkan, ini luar biasa menurut kami,” kata Simon.

Gerakan ini diharapkan akan memicu lahirnya para pendonor darah baru, sehingga beberapa wilayah yang masih kekurangan kantong darah akan menjadi fokus utama aksi yang dilakukan PMI dan Extra Joss ke depannya. 

BACA JUGA: Tetap Cantik dan Bugar di Usia 36 Tahun, Rahasianya?

Dari Plh. Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita menambahkan, kegiatan ini tidak bisa berdiri sendiri, perlu dukungan semua elemen bangsa. 

“Sebenarnya kami sudah bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk mendukung gerakan PMI di seluruh wilayah kerjanya, jadi dalam konteks Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah-Build Your Nation With Your Blood ini, PMI mengharapkan kegiatan Extra Joss ini bisa bersinergi juga dengan TNI dan Polri untuk membangun ketahanan negara," tandas Ginandjar.

PMI juga berharap, kegiatan ini benar-benar akan menjadi tonggak baru bagi PMI dalam mencapai target kantong darah yang sudah dicanangkan selama tahun ini. “Gerakan ini sesuai dengan semangat PMI yang ingin semakin melibatkan banyak pihak dari berbagai lapisan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia, kami upayakan wilayah dengan kontribusi kantong darahnya yang masih kecil akan menjadi meningkat, dengan gencarnya iklan Extra Joss dengan tema gerakan ini di TV nasional nantinya,” pungkas Ginandjar.

Dalam program AKSI LAKI TUMPAHKAN SEJUTA KANTONG DARAH – BUILD YOUR NATION WITH YOUR BLOOD” ini, Extra Joss juga menunjuk aktor Rio Dewanto sebagai salah satu dutanya. (adk/jpnn)

Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah
Acara Pusat Nasional dilaksanakan Sabtu, 23 Mei 2015
Lokasi: Mako Brimob Kelapa Dua Depok (06.00 WIB-selesai) bersama INBOX (06.30 – 09.00 LIVE) dan Games+Hiburan Lain (09.00 – 13.00) target 1000 kantong darah
 
29 kota lain dilaksanakan serentak Minggu, 24 Mei 2015
MEDAN, BATAM, PEMATANGSIANTAR, PEKANBARU, PALEMBANG, LAMPUNG, TANGERANG, BEKASI, BANDUNG, TASIKMALAYA, SUKABUMI, CIREBON, SEMARANG, TEGAL, YOGYAKARTA, SOLO, PURWOKERTO, KEDIRI, MALANG, SURABAYA, GRESIK, JEMBER, DENPASAR, MATARAM, BANJARMASIN, PONTIANAK, SAMARINDA, MAKASSAR, DAN MANADO.  
1. Lapangan Gajah Mada Tanjung – Morawa Medan Sumatera Utara
2. GOR – Jalan Merdeka Pematang Siantar
3. Lapangan Parkir Panbill Mall – Batam
4. Car Free Day – Jalan Gajah Mada – Pekan Baru
5. Lapangan Senam Jantung – Kambang Iwak Depan Rumah Dinas Walikota Palembang
6. Pring Sewu-Lampung
7. Grand Taruma-Karawang Bekasi
8. Lapangan Kopassus-Solo
9. Lapangan Kecamatan Cisoka – Tangerang
10. Tegal Lega - Bandung
11. Stadion Bima - Cirebon
12. Mayasari Plaza-Situ Gede - Tasikmalaya
13. Depan kantor PMI Slawi – (Alun-alun Slawi) Tegal
14. Alun-alun Ungaran – Semarang
15. Lapangan Ganjuran Bantul – Jogyakarta
16. GOR Satria – Purwokerto
17. GOR Pangsuma – Pontianak
18. Menara Pandang – Banjarmasin
19. Mall samarinda Square – Samarinda
20. Lapangan Ramayana - Sidoarjo Surabaya 1
21. Ponpes Sunan Drajat – Lamongan Surabaya 2
22. Lapangan Desa Balung – Jember
23. Ramayana ( Alun-alun Mall) Parkiran Luar – Malang
24. Lapangan Taman Tirtoyoso – Kediri
25. Monumen Manunggal – Makassar
26. Kawasan Mega Mas – Manado
27. Lapangan Lumintang – Denpasar
28. Taman Budaya Mataram – NTB dan 29. Lap Padjajaran Karang Tengah – Cibadak Sukabumi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anjuran Buat Pasien Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler