Alam Ganjar Gelar Diskusi Esport hingga Main Bareng Komunitas di Boyolali

Senin, 05 Februari 2024 – 10:35 WIB
Muhammad Zinedine Alam Ganjar bersama komunitas di Boyolali. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BOYOLALI - Muhammad Zinedine Alam Ganjar melanjutkan kunjungannya di Jawa Tengah dengan menghadiri kegiatan SatSet Mabar di Habita Live Space, Boyolali.

"Kami baru fun match SatSet Mobile Legends sama teman-teman terus talkshow bicara soal esports kira-kira bagaimana kita bisa berkolaborasi untuk meningkatkan ekosistem esports di Indonesia," ujar Alam dalam siaran persnya, Senin (5/2).

BACA JUGA: Kampanye Hari Ini, Ganjar Temui Pemulung di Bekasi

Dalam diskusinya, Alam menyampaikan bagaimana asosiasi dan industri bisa berkolaborasi di segala sektor agar industrinya terus berjalan.

Lanjut Alam, pentingnya merubah stigma masyarakat terutama orangtua dengan menormalisasi hal yang dianggap jarang, serta memperbanyak aktivasi yang memiliki benefit secara finansial agar bisa menguntungkan satu sama lain.

BACA JUGA: Ganjar-Mahfud Dapat Dukungan Internasional dari Diaspora Eropa

"Potensinya sangat besar tapi bagaimana kami bisa fokus terhadap ekosistem yang belum teroptimalisasi dengan baik karena melihat banyaknya stigma orang tua yang masih meragukan masa depan anaknya untuk terjun di dunia esports," ungkap Alam.

Dengan demikian, apabila esports bisa menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan dengan menjamin kesejahteraan yang berada di dalamnya, menurut Alam, hal tersebut bisa menjadi suatu ladang kreasi dan industri yang bisa membuka lowongan kerja secara masif.

BACA JUGA: GMGM Banten Selenggarakan Doa Bersama untuk Kemenangan Ganjar-Mahfud

Selain itu, kolaborasi antar stakeholder dibutuhkan, baik keterlibatan yang meliputi individu, komunitas, asosiasi, swasta dan pemerintah mampu mengembangkan ekosistem esports yang berkelanjutan.

Di sisi lain, lanjut Alam, infrastruktur juga memegang peranan sangat penting, meningkatkan fasilitas yang bisa mendukung kekurangan tersebut dan bagaimana hal tersebut menjadi pekerjaan utama untuk dikembangkan.

"Seperti contoh internet di industri esports ini sangat bergantung besar sama akses dan kecepatan dari internet yang harus cepat dan terjangkau, enggak cuma di kota saja, tapi juga tempat-tempat pelosok daerah terkecil karena banyak sekali teman-teman mulai tergantung dengan keberadaan internet," kata anak Ganjar Pranowo itu.

Alam berharap ke depan akan ada tempat yang bisa menyalurkan segala bentuk kreatifitas anak muda dalam satu wadah.

Dengan demikian, selain ilmu akademik yang diperoleh dalam institusi pendidikan formal, tempat tersebut diupaya mampu meningkatkan soft skill bagi para generasi muda.

"Masih kurangnya juga tempat anak muda untuk berkreasi, harapannya tetap harus ada kreatif hub yang bisa memfasilitasi teman-teman untuk berkarya, entah itu sebagai inkubasi bisnis, ekonomi kreatif dan tempat umum yang biasa digunakan untuk anak muda untuk berkarya," pungkas Alam. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menjelang Akhir Masa Kampanye, GMGM Tingkatkan Intensitas Sosialisasi Program Ganjar-Mahfud


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler