Alex Ajak Mandiri Buat Film Sriwijaya

Jumat, 02 Maret 2012 – 11:18 WIB
JAKARTA – Sebuah pesan budaya akan lebih mudah diterima bila disampaikan melalui sebuah film. Demikian Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengajak Bank Mandiri untuk membuat film pendek tentang kebesaran Kerajaan Sriwijaya dalam peluncuran buku ‘Pendar-pendar Kilau Pelangi Wastra Adati dari Selatan Sumatera’ di Jakarta.

Mewakili gubernur seluruh wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel), Alex memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri melalui lembaga CSR-nya yang telah menerbitkan buku berisi tentang kekayaan pertenunan tradisional Indonesia, khususnya di Sumatera bagian selatan itu. Pada kesempatan itu, Alex memberikan masukan agar Bank Mandiri juga membuat film tentang budaya daerah, agar bisa dinikmati masyarakat bawah.
 
Menurut dia, ada banyak sejarah yang bisa diungkap, seperti Sriwijaya. Sejauh ini memang sudah banyak buku tentang Sriwijaya, namun dirasakan Alex masih sangat dangkal. ”Dan saya berharap kepada Bank Mandiri, mungkin ada baiknya mengangkat sejarah Sriwijaya yang merupakan kerajaan terbesar dan lebih luas dari wilayah Republik Indonesia,” katanya.
         
Sementara itu, Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zali mengatakan, penerbitan buku tersebut merupakan salah satu komitmen pihaknya untuk menjaga warisan budaya tanah air. Selain itu, buku ini juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia dan akan didistribusikan ke perpustakaan-perpustakaan, lembaga pemerintah maupun nonpemerintah yang terkait dengan pengembangan pariwisata Indonesia. ”Kami berharap, melalui buku-buku yang kami terbitkan, masyarakat dapat semakin mengenal, mengapresiasi, dan mencintai warisan budaya dan keindahan alam Indonesia, sehingga masyarakat akan semakin peduli untuk ikut melestarikannya,” kata dia.
               
Peluncuran ketiga buku tersebut, selain dihadiri Alex Noerdin, juga dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Sarundayang, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Gubernur Bengkulu Junaidi Hansya, serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda. (rzy)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPE Diujicoba, Pegawai Gajian Lewat ATM

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler