Alis Mata Mungkin jadi Kunci Anda Terlihat Lebih Muda

Jumat, 01 Desember 2017 – 23:44 WIB
Alis Mata. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Sebuah studi terbaru menemukan bahwa fitur wajah, seperti bibir dan alis, cenderung kurang menonjol seiring bertambahnya usia.

Dalam studi yang dipublikasikan di Jurnal Frontiers in Psychology, para peneliti menganalisis foto-foto dari 763 wanita bebas make-up dengan berbagai nada kulit antara usia 20 tahun dan 80 tahun.

BACA JUGA: Ini Bagian Wajah yang Bikin Tina Toon Percaya Diri

Sebuah program komputer menganalisis foto untuk kontras wajah, yakni ukuran seberapa banyak mata, bibir dan alis menonjol karena perbedaan warna, baik itu ringan atau gelap dengan kulit di sekitarnya.

Wanita yang lebih muda memiliki kontras wajah yang lebih banyak dan wanita yang lebih tua memiliki lebih sedikit.

BACA JUGA: Ferry Salim, Awet Muda Sejak dalam Pikiran

Kontras terutama menurun di daerah sekitar mulut dan alis saat wanita bertambah tua.

Selanjutnya, para peneliti photoshopped beberapa gambar, menciptakan dua versi hampir identik dari setiap wajah dengan berbagai tingkat kontras. Mereka menunjukkan foto-foto ini kepada sukarelawan dan meminta mereka untuk memilih wajah yang lebih muda.

BACA JUGA: Ingin Awet Muda? Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Hampir 80 persen peserta penelitian mengatakan bahwa kontras tinggi tampak lebih muda daripada kontras rendah.

Temuan ini serupa di berbagai etnis, menunjukkan bahwa kerutan seperti kontras pada pigmentasi kulit-benar-benar merupakan "isyarat lintas budaya" untuk memahami umur seseorang.

Siapa pun yang pernah menscreen selfie di Instagram tidak akan terkejut dengan efek kontras ini.

Namun temuan tersebut juga bisa membantu menjelaskan mengapa orang sering menggunakan make up agar terlihat lebih muda.

Penelitian tersebut tidak melibatkan makeup, oleh karena itu penulis mengatakan dengan pasti bahwa fitur gelap akibat kosmetik akan memiliki hasil anti-penuaan yang sama seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini.

“Tapi cara kita memanipulasi fitur dalam foto sangat mirip dengan apa yang akan Anda lakukan dengan makeup dan saya akan terkejut jika Anda tidak bisa mendapatkan efek yang serupa,” kata rekan penulis, Richard Russell, seperti dilansir laman Health, Kamis (30/11).

"Kita tahu bahwa bibir menjadi kurang merah seiring bertambahnya usia dan alis menjadi lebih ringan dan itu adalah kedua hal yang bisa Anda atasi dengan makeup, jika Anda mau," jelas Russel.

Kejutan terbesar dari semuanya adalah kekuatan alis. Bagi wanita dari semua etnis, warna alis akan pudar seiring bertambahnya usia sehingga membuat mereka terlihat lebih muda.

Meskipun penelitian ini hanya dilakukan pada wanita, temuan ini juga berlaku untuk pria.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masih Cantik di Usia Setengah Abad, Ini Rahasia Meriam Bellina


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler