All New Honda Vario 150 Bawa DNA Big Bike dan Sportscar

Senin, 16 April 2018 – 15:50 WIB
Peluncuran All New Honda Vario 150. (Foto: ridho/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Memperkuat penetrasi di pasar skutik 150 cc, PT Astra Honda Motor (AHM) sangat serius menghadirkan kebaruan dari Honda Vario 150 di Indonesia. Persiapannya diakui bahkan membutuhkan hingga 2 sampai 3 tahun.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengakui, lahirnya All New Honda Vario 150 melewati diskusi panjang bahkan untuk sekedar detailing.

BACA JUGA: Harga All New Honda Vario 150 dan Vario 125 Sasar Anak Muda

"Beberapa bagian kita berdiskusi panjang untuk membuat desain yang layak, seperti di intake ada tarikan garis yang membalut emblem Honda. Ya sekedar memberi pemanis saja dibanding model lama termasuk detail lain," papar Inuma saat sesi test ride All Honda Vario 150, Senin (16/4).


All New Honda Vario 150. (Foto: ridho/jpnn)

BACA JUGA: Harga Honda CBR500R Baru, Gak Bakal Nyesel!

Desain
All New Honda Vario 150 hadir dengan baluran yang lebih eksklusif untuk menggaet konsumen muda, dewasa dan pekerja aktif.

Karakter sport, serta diperkaya warna bodi monotone yang berkelas termasuk rear fender yang ditanamkan lampu sein terpisah dengan lampu belakang, hingga sistem pencahayaan menggunakan LED yang menganut "DNA" sportscar Honda NSX.

BACA JUGA: 3 Jagoan Naked Sport Honda Berganti Warna, Ini Harganya

Secara keseluruhan, lanjut Inuma, desain Honda Vario 150 terkini lebih kompak. Ini bisa terlihat dari beberapa bagian seperti cover stang yang ramping, bagian bodi belakang antara handle bar dan buntut serta spakbor.

"Desain Vario 150 terkini kita buat lebih kompak, bisa dilihat dari handle bar yang selaras dan sejajar dengan ujung buritan, jadi terlihat lebih kompak jika kita bandingkan dari gaya PCX," tambahnya.

"Termasuk memindahkan tata letak lampu sein yang dulu kan di bodi sekarang kita posisikan di fender. Model seperti ini kita adopsi dari gaya sport bike CBR."

Fitur
Desain yang lebih modern didukung fitur baru full digital panel meter dengan multi informasi dan penyematan fitur baru seperti Honda smart key system yang terintegrasi dengan answer back system dan anti theft alarm.

Large Project Leader R&D Honda Southest Asia Ryoji Imai mengatakan, perbedaan di fitur smart key system terbaru adalah penyederhanaan agar konsumen lebih mudah menggunakan.

"Smart key system yang ada di PCX kan ada tiga tombol, sekarang kita sederhanakan menjadi dua tombol agar penggunaannya lebih mudah," katanya.

Karena tidak lagi menyematkan kick starter, konsumen tidak perlu khawatir. All New Honda Vario 150 sudah ditanamkan indikator baterai sehingga konsumen selalu bisa mengontrol kondisi baterai.

"Hilangnya kick starter di Vario 150 terbaru lebih kepada tren big scooter kita sudah tidak lagi mengaplikasikannya," lanjut Ryoji.

Mesin
Didukung mesin 150 cc SOHC, eSP dengan pendingin cairan mampu menghasilkan tenaga hingga 13,1 hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,4 Nm pada 5.000 rpm.

Penyempurnaan tenaga dihasilkan lewat improvement di sejumlah sektor, mapping ECU, memperbesar intake serta filter baru, sehingga torsi bisa ditingkatkan.

Sementara soal efisiensi, Honda Vario 150 masih mengadopsi teknologi idling stop system (ISS) yang secara otomatis mematikan mesian saat berhenti bekerja lebih dari 3 detik, dan hanya perlu menarik tuas gas untuk dapat menghidupkan mesin kembali.

Harga dan warna
Vario 150 model terbaru ini ditawarkan dalam empat pilihan warna, meliputi warna exclusive matte black, exclusive matte red, exclusive matte silver dan exclusive white. Harga on the road Jakarta Rp 22,5 juta. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konsumen Puas Setelah Telepon Honda


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler