Allahu Akbar! Dengan Sepatu Belang Rizki Juniansyah Raih Emas Olimpiade Paris 2024

Jumat, 09 Agustus 2024 – 08:19 WIB
Lifter Indonesia peraih emas Olimpiade Paris 2024 Rizki Juniansyah. Foto: Miguel Medina/AFP

jpnn.com - PARIS - Lifter Indonesia Rizki Juniansyah, 21 tahun, menangis lalu mencium barbel dan tampak seperti mengucapkan allahu akbar setelah memecahkan rekor dunia angkatan clean and jerk 199kg di Olimpiade Paris 2024.

Rizki yang memakai sepatu tak satu warna di kedua kakinya, kanan ungu dan kiri oranye, pun meraih medali emas di nomor atau kelas 73kf.

BACA JUGA: Profil Rizki Juniansyah, Cowok Banten Berkacamata si Peraih Emas Olimpiade Paris 2024

Selain mengangkat beban 199kg pada clean and jerk, Rizki juga memanggul 155kg pada angkatan snatch.

Indonesia Raya pun berkumandang.

BACA JUGA: Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024: Indonesia Lebih Baik dari Israel

Rizki mengukir sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade, sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan 199kg.

Di awal, Rizki gagal di angkatan snatch pertama dengan berat beban 155kg. Namun, pada percobaan kedua, Rizki berhasil mengangkat beban yang sama.

BACA JUGA: Olimpiade Paris 2024: Rizki Juniansyah Rebut Emas, Indonesia Raya Berkumandang

Pada kesempatan snatch terakhir, ia mencoba mengangkat 162kg, tetapi gagal.

"Waktu Angkatan snatch saya tertinggal, sempat deg-degan juga. Saya kemudian bisa bangkit dan semangat saya kembali untuk clean and jerk," ujar Rizki.

Pada clean and jerk, Rizki mulus di angkatan pertama 191kg. Lifter 21 tahun itu kemudian menaikkan beban angkatannya menjadi 199kg di angkatan kedua yang menjadi rekor Olimpiade. (jpnn/antara)

Video Momen Spesial: Rizki Juniansyah Sabet Medali Emas bisa dilihat di sini https://www.vidio.com/watch/8310610-momen-spesial-rizki-juniansyah-sabet-medali-emas-angkat-besi-highlights-olympic-games-paris-2024.


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler