Amazon Buka Toko Online di India

Kamis, 06 Juni 2013 – 13:00 WIB
MUMBAI - Raksasa peritel online Amazon melebarkan sayapnya ke India dengan meluncurkan toko internet untuk konsumen di negara tersebut. Keberadaan ritel Amerika Serikat ini bakal bersaing dengan kompetitor terbesarnya di India, Flipkart, yang didirikan dua mantan pegawai Amazon pada 2007.

Amazon akan menawarkan buku, film, dan program televisi melalui pihak ketiga karena peraturan di India tidak mengizinkan merek online asing menjual barang secara langsung ke konsumen.

"Kami sangat senang bisa masuk ke India," kata Greg Greeley, Wakil Presiden Amazon dalam pernyataan tertulis kepada BBC (5/6).

Model yang dipakai Amazon adalah dengan menciptakan "marketplace" atau semacam medium penjualan yang bisa dimanfaatkan siapa saja. Model ini cocok untuk India dan menguntungkan bagi Amazon.

Para pengamat mengatakan ekspansi Amazon untuk meningkatkan profil mereka di India yang berpenduduk 1,2 miliar jiwa.  Dengan penduduk yang demikian besar,  bisnis online di negara itu diperkirakan akan makin berkembang di tahun-tahun mendatang.

Tahun lalu India mengubah undang-undang yang memungkinkan peritel asing, seperti jaringan supermarket Walmart dari Amerika Serikat, masuk dan menjual barang secara langsung, namun perubahan peraturan itu tidak mencakup bisnis online.

Data menunjukkan pengguna aktif internet di India mencapai 50 juta dan sekitar 40 persen di antaranya sering membeli di internet.

Total pasar perdagangan di Internet, disebut juga e-commerce, melesat sekitar 400 persen dalam lima tahun terakhir. Industri ritel India pun cepat tanggap terhadap tuntutan dari populasi anak muda yang semakin makmur dan melek teknologi di negara itu.

Untuk belanja kosmetik, perhiasan, tas tangan atau jam tangan, warga India tidak lagi mengunjungi toko atau mal. Jadwal kerja yang padat membuat mereka lebih menyukai menjelajahi situs-situs belanja daring yang bermunculan pada tahun-tahun terakhir. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Miliaran Kilogram Makanan di AS Berakhir Mubazir

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler