Anak-anak Sekarang Tidak Lagi Bugar

Selasa, 17 Desember 2013 – 16:43 WIB

jpnn.com - Anak-anak harusnya gesit, aktif bergerak dan suka berlari kemana-kemari. Tapi ternyata menurut sebuah studi, kegesitan dan kebugaran anak-anak zaman sekarang tidak sebaik orang tuanya ketika masih seumuran mereka.

Ini artinya, generasi anak masa kini tidak bisa lari sejauh atau secepat orangtuanya saat usia mereka sebaya. Dari studi ini tercatat bahwa rata-rata anak-anak zaman sekarang butuh waktu 90 detik lebih lama untuk bisa berlari sejauh satu mil (1,5 km) daripada anak-anak seusianya 30 tahun lalu.

BACA JUGA: Konsumsi Serat Tiap Hari Agar Langsing

Temuan yang dipresentasikan dalam pertemuan American Heart Association baru-baru ini pun dikatakan sebagai yang pertama memperlihatkan penurunan tingkat kebugaran anak di penjuru dunia dalam kurun tiga dekade belakangan.

"Ini masuk akal. Anak-anak sekarang tidak seaktif generasi sebelumnya. Mereka tidak punya banyak kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik. Banyak juga sekolah yang tidak memberikan pendidkan fisik kepada anak didiknya," kata dokter anak dari University of Colorado Dr. Stephen Daniels.

BACA JUGA: Penyebab Kanker yang Tersembunyi di Rumah Anda

Dalam studi ini, peneliti Grant Tomkinson, Ph.D., pakar fisiologi olahraga dari School of Health Sciences, University of South Australia menganalisis data dari 50 studi tentang ketahanan dan kesehatan kardiovaskular 25 juta partisipan berusia 9 hingga 17 tahun di seluruh penjuru dunia, yang berlangsung antara tahun 1964 hingga tahun 2010.

"Kebugaran yang dimiliki generasi muda itu beragam. Ada yang kuat layaknya atlet angkat besi, atau fleksibel seperti pesenam atau terampil seperti pemain tenis. Namun sebenarnya jenis kebugaran yang paling penting bagi kesehatan adalah kebugaran kardiovaskular, yaitu kemampuan untuk berolahraga secara intens dalam waktu yang panjang seperti berlari beberapa kali putaran," kata Tomkinson.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Masturbasi bagi Pria dan Wanita

Setelah mengukur seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh partisipan selama 5 hingga15 menit dan berapa kecepatan lari mereka dalam jarak tertentu, peneliti dapat menyimpulkan jika ketahanan kardiovaskular anak di seluruh dunia cenderung menurun, bahkan di sejumlah negara terlihat adanya penurunan yang lebih signifikan dari negara lainnya.

Dilaporkan bahwa anak-anak zaman sekarang memiliki tingkat kebugaran kardiovaskular'15 persen lebih rendah daripada orangtuanya dulu.

"Perubahannya cenderung sama baik bagi anak laki-laki maupun perempuan dari berbagai usia, namun berbeda menurut wilayah geografis mereka," kata Tomkinson lebuh lanjut.

Penurunan kebugaran ini cenderung stagnan di negara-negara Eropa, Australia, dan Selandia Baru, serta Amerika Utara. Tapi di China, tingkat kebugaran anak juga makin lama makin menurun, begitu pula dengan Jepang.

Tomkinson dan Daniels sepakat jika obesitas memainkan peranan penting di balik fenomena ini, karena kondisi tersebut membuat anak kesulitan untuk berlari ataupun melakukan latihan aerobik.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Zat Pembawa Kanker di Boneka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler