Anak Buah Irjen Iqbal Perkuat Keamanan Siber Jelang Pemilu 2024

Sabtu, 03 Februari 2024 – 17:55 WIB
Patroli Tim Siber Polda Riau di warnet Kota Pekanbaru. Foto:Ditreskrimsus Polda Riau.

jpnn.com, RIAU - Menjelang Pemilu 2024, Polda Riau melalui Ditreskrimsus Subdit V Siber meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kejahatan cyber.

Salah satu langkah preventif yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan cooling system di warnet-warnet wilayah Pekanbaru.

BACA JUGA: PSPS Riau & Nusantara United Bertahan di Liga 2, Persikab-PSDS Terdegradasi

Kegiatan ini dipimpin oleh Panit II Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Riau Ipda Asdoni bersama Briptu M Gusri Ardi pada Jumat (2/2) di Warnet Hangout Jalan Delima Panam, Pekanbaru.

Ipda Asdoni menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan siber di warnet, khususnya menjelang Pemilu 2024.

BACA JUGA: Polda Riau Datangi SMA 9, Berikan Edukasi Bahaya Narkoba Hingga Pemilu Damai

Petugas memberikan pembinaan kepada pengelola warnet agar lebih selektif dalam menerima pengunjung dan mengawasi aktivitas mereka.

“Mengimbau para pemain di warnet untuk mencegah terjadi penyalahgunaan seperti akses materi porno, judi, dan lain-lain. Terutama jelang Pemilu 2024,” kata Ipda Asdoni Sabtu (3/2).

BACA JUGA: Patroli Dialogis di PHR Rumbai, Ditlantas Polda Riau Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Hoaks

Pihaknya juga meminta pengelola mengawasi aktivitas pengunjung warnet. Dia mengajak pengelola melapor kepada pihak berwajib jika ditemukan aktivitas mencurigakan.

“Sediakan perangkat lunak filter konten untuk mencegah akses ke situs-situs terlarang,” lanjutnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh pengelola warnet. Mereka menyatakan siap untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mencegah terjadinya kejahatan cyber di warnet.

Ditreskrimsus Polda Riau berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap warnet di seluruh wilayah Riau.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati saat menggunakan warnet dan melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan aktivitas mencurigakan,” tuturnya.(mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Barisan Pemuda Riau Nyatakan Dukungan Penuh untuk Prabowo-Gibran


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler