Ancam Pembajak Facebook

Rabu, 15 Mei 2013 – 07:55 WIB
JAKARTA – Rachel Maryam geram. Akun Facebook-nya dibajak seseorang. Masalahnya, akun atas nama artis sekaligus politikus itu mendekati banyak pria, lantas meminta PIN BB mereka.

Tidak hanya itu, muncul pula akun BlackBerry Messenger (BBM) yang juga mengatasnamakan dirinya. Akun tersebut mengajak beberapa artis pria berkomunikasi. Isi percakapannya mengarah ke hal yang tak senonoh.

Merasa dirugikan, Rachel dan suaminya, Edwin Aprihandono alias Edo, melangsungkan temu media di salah satu restoran di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, kemarin (14/5). Mereka membeberkan bukti-bukti pembajakan tersebut.

’’Akun Facebook saya dibajak dan BB itu palsu. Hal ini merugikan banyak orang dan mencemarkan nama baik saya,’’ ujar Rachel.

Ibu satu anak itu berujar, akun Facebook itu dibuat sebelum dirinya menjadi wakil rakyat di DPR. Sejak dua tahun lalu dia tidak pernah membuka akun jejaring sosialnya tersebut.

Setelah menikah, Rachel mengatakan bahwa suaminya pernah meminta pasword Facebook untuk merapikannya karena banyak tag foto produk. Dari situlah terbongkar bahwa akun miliknya dibajak.

’’Saya pernah bertanya kepada istri saya, apa maksudnya kirim message ke cowok-cowok minta PIN BB mereka. Rachel bilang nggak pernah buka FB,’’ ujar Edo.

Menurut Edo, ada kesamaan laki-laki yang dikirimi pesan lewat Facebook istrinya itu. Semua foto profil Facebook-nya bertelanjang dada. Nama Deni Sumargo, Didi Riyadi, dan Ade Ray sempat disebut ada di antara foto-foto tersebut. Akhirnya Edo memutuskan untuk memasang status bahwa akun itu dibajak, kemudian menonaktifkan akun tersebut.

Beberapa waktu lalu Didi Riyadi menghubungi. Ada akun BB menggunakan nama dan foto Rachel meng-invite BB Didi.

’’Kata Didi, lama-lama pembicaraannya menjurus ke hal-hal yang tidak pantas dan mencoba menggoda Didi. Dia yang merasa aneh langsung menghubungi kontak BB saya yang satu lagi dan langsung saya klarifikasi,’’ ujar Rachel.

Tidak hanya itu. Menurut  Rachel, sahabat dekatnya, Aming, pernah ditegur oleh seorang artis yang tidak disebut namanya. Artis itu mengatakan bahwa Rachel kegatelan karena sering kirim BBM ke suaminya. Bahkan, BBM itu menjadi penyebab perceraian mereka.

’’Ini jelas sudah merugikan sekali. Makanya, melalui media, saya ultimatum orang yang membajak akun Facebook dan BB saya. Jika dalam waktu satu minggu dia tidak muncul dan memberikan konfirmasi kepada publik, saya akan membawa masalah ini ke jalur hukum,’’ ancam Rachel. (yas/c4/any)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kiki Amalia Tuding Markus

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler