Andalkan Mantan Amunisi Lawan

Kamis, 02 Februari 2012 – 07:39 WIB

MEDAN - Persegres Gresik punya bekal bagus saat memulai langkahnya mencuri poin dalam tur Sumatera menghadapi PSMS Medan. Bermodalkan empat mantan kekuatan PSMS, klub berjuluk Laskar Joko Samudro itu percaya diri menatap pertandingan yang akan diselenggarakan di stadion Teladan Medan, petang ini.

Empat kekuatan tersebut terdiri dari tiga legiun asing seperti Gustavo Chena, James Koko Lomell, dan Gaston Castano. Selain itu, di belakang layar masih ada pelatih Freddy Muli yang juga pernah menukangi klub berjuluk Ayam Kinantan itu pada Liga Indonesia XIII tahun 2007 silam.

Sehingga, Persegres sudah sedikit banyak mengetahui bagaimana ciri khas permainan yang biasa diusung PSMS Medan. "Paling tidak kami sudah tahu bagaimana tipikal permainan dari tim PSMS ini dan cara menghadapinya," kata asisten pelatih Persegres Mursyid Effendi.

Tak hanya bermodalkan itu saja, klub yang juga sama-sama debutan ISL itu datang dengan ambisi memperbaiki prestasinya. Sebab, di dua laga sebelumnya Agus Indra Kurniawan dkk gagal mengamankan poinnya setelah kalah dari Mitra Kukar (21/1) dan ditahan imbang Persisam Samarinda (26/1).

Maka, berangkat dari kegagalan itulah Mursyid menyebut timnya tidak mau lagi kehilangan peluang meraup poin. Sekalipun harus bermain di kandang lawan dan tidak memiliki rekor bagus di laga tandang. "Malahan ini bisa menjadi motivasi besar bagi anak-anak," cetus Mursyid.

Salah satu tipe permainan ala PSMS yang menjadi perhatian Persegres adalah gaya bermain kerasnya. Gaya tersebut bisa saja merusak konsentrasi pemain Persegres. "Yang pasti kami sudah instruksikan ke seluruh pemain untuk tetap konsentrasi dan tidak terbawa emosi," tutur mantan pemain bintang Persebaya Surabaya dan timnas Indonesia itu.

Bertindak sebagai tuan rumah, PSMS tentu saja tidak mau kalah dari Persegres yang posisinya berada satu strip di bawahnya. Apalagi marjin poinnya pun hanya berjarak sebiji. Hanya, mereka tidak punya rekor kandang bagus. Dari lima laga, Markus Haris Maulana dkk hanya mampu menang sekali, sisanya berakhir dengan imbang.

Pelatih PSMS Raja Isa pun menargetkan laga ini menjadi kebangkitan timnya. "Kami tentu tidak hanya mengumbar optimisme kosong. Kami sudah mempunyai parameter kalkulasi secara tim. Apalagi kami main di kandang sendiri," ungkap mantan pelatih Persipura Jayapura dan Persiram Raja Ampat itu.

James Koko Lomell akan menjadi pemain yang paling diwaspadai PSMS Medan. Menurut Raja Isa, pemain asal Liberia itu punya kemampuan ciamik dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan. "Switch play-nya di atas rata-rata pemain asing di Indonesia. Di awal dia bisa membantu pertahanan, lalu mendadak merangsek ke depan dengan Gaston," sebut pelatih asal Malaysia itu.

Sayangnya, dalam laga nanti PSMS sudah pasti tidak akan diperkuat dua pemain pilarnya. Yaitu bek Novi Hendrawan dan gelandang yang juga mantan penggawa Persegres Luis Pena. Keduanya harus menjalani hukuman akumulasi kartu. "Sudah kami siapkan penggantinya. Untuk pastinya, tunggu saja besok," jelas Raja Isa. (ren)

Perkiraan Line Up :

PSMS : (4-4-2) : Markus Haris Maulana (pg); Wawan Widiantoro, Rahmad, Sasa Zecevic, Ledi Utomo; Zainal Anwar, Zulkarnain, Oh Inkyun, Jim Chermancyn Mak; Choi Dong Soo, Osas Marvelous Ikpefua.
Pelatih : Raja Isa

Persegres : (4-4-2) : Hery Prasetya (pg); Ade Suhendra, Rudianto, Wismoyo Widhistio, Anang Ma?ruf; Uston Nawawi, Agus Indra Kurniawan, Gustavo Chena, James Koko Lomell; Gaston Castano, Marwan Sayedeh.
Pelatih : Freddy Muli


BACA ARTIKEL LAINNYA... Lepas Cisse, Menanti Honda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler