Andalkan Pemain Muda, PBVSI Mulai Melakukan Regenerasi di Timnas Voli Putri Indonesia

Rabu, 22 Mei 2024 – 07:01 WIB
Skuad Timnas Voli Putri Indonesia saat berlaga pada ajang AVC Challenge 2023 di Gresik, Jawa Timur. Foto: Dokumentasi AVC.

jpnn.com - JAKARTA - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) melakukan regenerasi pemain di sektor Timnas Nasional Voli Putri Indonesia yang tampil pada ajang AVC Challenge 2024 di Filipina.  Induk organisasi voli Indonesia itu dalam menghadapi turnamen akbar benua kuning, akan menurunkan 12 pemain muda di bawah asuhan Pelatih Pedro Lilipaly.

Ketua PBVSI Imam Sudjarwo mengungkapkan pihaknya memang ingin melakukan regenerasi.

BACA JUGA: PBVSI Berharap Tim Voli Putri Indonesia Tetap Serius Menghadapi Red Sparks

Ke depannya beberapa pemain muda tersebut diharapkan bisa berkiprah di Timnas Voli Putri Indonesia untuk event-event akbar, seperti SEA Games 2025 sampai Asian Games 2026, menggantikan senior-seniornya.

“Kami mengutamakan pembinaan. Kami ingin adanya pemain pelapis untuk nanti bisa menggantikan para seniornya,” ungkap Imam saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (21/5).

BACA JUGA: AVC Challenge 2024, Ini Jadwal Pertandingan Timnas Voli Putri Indonesia

Masih bergulirnya kompetisi Proliga 2024 juga membuat PBVSI menerjunkan pemain-pemain muda.

Beberapa pemain senior, seperti Megawati Hangestri, Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi, sampai Agustin Wulandari, urung bermain.

BACA JUGA: Tanpa Megawati, Daftar Pemain Timnas Voli Putri Indonesia untuk AVC Challenge 2024

Sebagai gantinya, nama-nama pemain muda potensial, seperti Bela Sabriana, Nita Sesanti, dan Junaida Santi, dipanggil.

Ada sisi positif dari pemanggilan pemain muda tersebut, yakni mereka bisa mencari pengalaman bermain di event internasional.

“Pengumuman dari AVC mengenai turnamen Challenge baru datang setelah kami menyusun kalender kompetisi tahun ini. Rasanya tidak mungkin memberangkatkan pemain di tengah kompetisi. Tim-tim pasti mempertimbangkan pemainnya saat kami ambil karena kompetisi masih berjalan,” ungkap Imam.

Menarik ditunggu kiprah Timnas Voli Putri Indonesia pada AVC Challenge 2024 di Filipina.

Srikandi Merah Putih datang ke turnamen tersebut dengan status runner up pada musim sebelumnya.

Pada edisi sebelumnya, anak asuhan Alim Suseno harus mengakui keunggulan Vietnam di partai puncak dengan skor 2-3 (18-25, 27-25, 25-21, 20-25, 13-15).

Pada ajang AVC Challenge 2024, Bela Sabrina Agustina dan kolega akan tergabung di Pool B bersama Vietnam, Kazakhstan, Singapura, dan Hong Kong.

Rencananya, tim peraih medali perunggu SEA Games 2023 itu akan mengawali AVC Challenge 2024 menghadapi Hong Kong, Rabu (22/5) mulai pukul 09.00 pagi WIB. (mcr16/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler