Andik Vermansah Cedera

Kamis, 15 Desember 2016 – 05:21 WIB
Pemain Timnas Indonesia Andik Vermansah memegang kakinya dengan kesakitan saat melawan Timnas Thailand pada pertandingan AFF Cup 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang dengan skor 2-1 Pada Leg Pertama Final AFF Cup 2016. FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com - CIBINONG - Andik Vermansah mengalami cedera dan kemungkinan besar tidak akan bisa memperkuat Timnas Indonesia kontra Thailand di second leg final Piala AFF 2016 Sabtu lusa (17/12).

Winger andalan Garuda—julukan tim nasional (timnas) Indonesia—itu mengalami masalah di kaki kanan setelah berduel dengan dua bek lawan, Theerathon Bunmathan dan Adison Promrak, pada menit ke-19.

BACA JUGA: Perjuangan Belum Berakhir

Sempat melanjutkan permainan sebentar, pemain yang dibesarkan Persebaya Surabaya itu akhirnya terjatuh dan tak kuasa melanjutkan laga.  

"Andik besar kemungkinan tidak bisa bermain di leg kedua. Ini cukup mereduksi kekuatan kami," kata Alfred Riedl, pelatih Indonesia, di jumpa pers setelah laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, itu.

BACA JUGA: Benarkah Pemain Klub asal Thailand Ini Berlabuh ke Persija?

Hanya, Riedl belum bisa memastikan jenis cedera apa yang dialami oleh pemaih klub Malaysia Selangor FA itu.

"Malam ini (tadi malam, Red) juga kami akan membawa dia ke rumah sakit untuk menjalani MRI (Magnetic Resonance Imaging). Semoga tidak ada cedera serius," harap Riedl.

BACA JUGA: So, Kapan Nih Dana Asian Games Turun, Pak Menkeu?

Senada dengan sang pelatih, dokter timnas Syarif Alwi juga tidak bisa memastikan jenis cedera apa yang dialami oleh Andik tersebut.

"Kalau luka robek luar, saya bisa pastikan dia cedera apa. Tapi, ini kan di dalam. Tunggu saja sampai besok," katanya.

Ketika semua pemain dan ofisial Garuda keluar melintasu mixed zone, Andik terlihat pincang dengan kaki kanan dibalut perban berwarna cokelat.

"Nanti saja yah mas, masih sakit," kata Andik kepada Jawa Pos yang meminta waktu untuk wawancara.

Meski begitu, Riedl menegaskan bahwa, Andik tetap akan diboyong bersama rombongan ke Bangkok. Siang nanti, Boaz Solossa dkk akan berangkat menuju Thailand.

Lantas, siapa yang bakal menggantikan posisi Andik tersebut? Penggantinya tadi malam, Zulham Zamrun, bermain mengecewakan. Nyaris tak ada kontribusi berarti dari winger Persib Bandung itu sampai akhir laga.

Sebaliknya, berkali-kali operannya salah. Upaya akrobatiknya melewati lawan juga lebih sering gagal. Persoalannya, stok tersisa di sayap cuma Bayu Gatra yang sama sekali belum pernah dimainkan Riedl.

Opsi lain mungkin bisa memainkan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh yang aslinya striker sebagai winger. Tapi, seperti Bayu, Muchlis juga belum pernah diturunkan.

Riedl mengaku belum memutuskan. Tapi, dia tidak setuju kalau disebut Zulham bermain buruk. “Saya melihat Zulham tadi bermain cukup bagus. Sama dengan pemain lainnya, dia sangat bersemangat," puji Riedl.

Di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu lusa, Indonesia hampir pasti bakal berada dalam tekanan berat. Karenanya, dibutuhkan winger yang bisa bermain sebagai wing back yang mampu menjaga keseimbangan antara bertahan dan menyerang.

Padahal, Zulham tidak serajin Andik untuk urusan track back membantu bek kanan Beny Wahyudi. Itu pula sebabnya Beny akhirnya habis di menit ke-60an dan digantikan Lerby Eliandry. Pos-nya di bek kanan diisi Manahati Lestusen. (ben/ttg)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelatih Arema Tebar Psywar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler