Andika-Hendi Vs Luthfi-Yasin di Pilgub Jateng, Ini Kata Pakar

Selasa, 27 Agustus 2024 – 08:19 WIB
Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa (kiri) dan Hendrar Prihadi melihat surat rekomendasi saat pengumuman bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8). Hafidz Mubarak A/rwa./Antara

jpnn.com - JAKARTA - Pakar ilmu politik dari Universitas Jenderal Soedirman Luthfi Makhasin menilai bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi membuktikan PDI Perjuangan percaya diri bertarung pada Pilkada 2024 di daerah yang disebut-sebut sebagai Kandang Banteng itu.

"Dua figur itu menunjukkan PDIP percaya diri bahwa Jateng adalah daerah basis utama,” kata Luthfi.

BACA JUGA: Hendrar Prihadi Dukung Andika Perkasa Maju di Pilgub Jateng

Dia juga mengatakan bahwa duet Andika-Hendi memperlihatkan PDIP mengambil pilihan yang pas sebagai partai dengan ideologi nasionalis.

Namun, Andika-Hendi harus bekerja keras bila jadi berkontestasi di Pilkada Jateng, terutama menghadapi Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

BACA JUGA: Tanpa Dukungan Golkar, Airin-Ade Siap Lawan Jagoan KIM Plus Andra-Dimyati

“Iya, dengan catatan mesin politik PDIP harus all out (total) karena KIM Plus yang mengusung Ahmad Luthfi sudah lebih dahulu sosialisasi calon, dan jangan lupa Taj Yasin adalah wakil gubernur petahana dengan jaringan kuat di kalangan santri,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bila mesin politik hingga pasangan Andika-Hendi dapat memberikan yang terbaik, maka dipastikan dapat memberikan perlawanan dan berpeluang untuk menang.

BACA JUGA: Gerindra Usung Luthfi-Taj Yasin di Jateng, Sudaryono: Kader dan Simpatisan Bergerak!

KIM Plus merupakan koalisi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditambah partai-partai di luar koalisi pengusung pada Pemilu 2024.

Adapun beberapa partai di luar KIM Plus saat ini adalah PDIP, Partai Hanura, maupun Partai Buruh.

Pada Pilkada Jateng 2024, KIM Plus mendukung mantan Kapolda Jateng Komjen Ahmad Luthfi dan mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin.

Sementara itu, PDIP resmi mengusung Jenderal TNI (purn.) Andika Perkasa dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi alias Hendi untuk maju dalam Pilkada Jateng. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler