Anggap Saja Sudah Maksimal

2 Indonesia V Laos 2

Senin, 26 November 2012 – 04:04 WIB
Irfan bachdim tertunduk lesu setelah gagal menjebol gawang tim Laos dalam kompetisi AFF Cup di Stadion Bukit Jalil, Petaling, Malaysia, Minggu (25/11). Foto: Angger Bondan/Jawa Pos
KUALA LUMPUR - Tradisi kemenangan Indonesia atas Laos di ajang Piala AFF terhenti. Itu setelah Bambang Pamungkas dkk hanya bermain imbang 2-2 dalam pertandingan pertama Grup B di Bukit Jalil Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, tadi malam (25/11).

Dua gol Indonesia di pertandingan itu dicetak oleh Raphael Maitimo pada menit ke-43 dan Vendri Mofu pada menit ke-89. Sementara, gol Laos dicetak oleh Khampeng Syavuthi dari titik putih pada menit ke 29 dan Keovingphieth Lithideth pda menit ke 80.

Dalam pertandingan kemarin, kekuatan kedua tim sebenarnya cukup berimbang. Itu terlihat dalam menit-menit awal pertandingan berjalan. Kedua tim langsung memperagakan permainan cepat dari kaki ke kaki.

Indonesia yang mengambil inisiatif serangan mendapatkan peluang bagus, Namun, harus diakui jika tekanan Indonesia di menit-menit awal masih bisa diredam oleh Laos. Sepuluh menit pertama Indonesia mendapat peluang bagus dari kerja sama Andik Vermansah "Irfan Bachdim. Sayang, sundulan dan sepakan Irfan masih belum menjadi gol.

Laos sendiri bukantanpa peluang, mereka membahayakan Indonesia pada menit ke 23 mereka nyaris mencetak gol melalui kaki Vilayout Sayyabounsu. Tapi, sepakannya masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Endra Prasetya.

Petaka Indonesia datang pada menit ke-25 saat Endra Prasetya menjatuhkan Vilayout yang lolos tak terkawal sendiri di depan. Wasit Ng Kai Lam dari Hong Kong langsung memberikan kartu merah kepada Endra sekaligus hadiah penalti untuk Laos. Khampheng Sayavutthi yang menjadi eksekutor berhasil mencetak gol.

Indonesia harus bermain sepuluh orang setelah Okto keluar digantikan penjaga gawang kedua Wahyu Tri Nugroho. Mereka tinggal menempatkan Bambang Pamungkas sendiri di depan. Harapan terbuka setelah pada menit ke-33 Sophay Sasana mendapat kartu merah karena menendang kaki Andik dengan sengaja.

Benar, berawal dari corner kick Taufik, Raphael sukses menyaringkan bola dengan sundulannya setelah memanfaatkan bola pantul hasil sundulan Bepe yang ditepis penjaga gawang Laos, Sengpachan. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, bermain dengan sama-sama dengan sepuluh orang, Indonesia kembali tampil menyerang. Namun, seakan tak belajar dari babak pertama, lini belakang lengah dan Laos kembali menghukum pertahanan Indonesia melaljui Keoviengpheth Lithideth.

Keoviengpeth mencetak gol setelah menang berebut bola dengan Fachruddin, pemain nomor 8 itu menggiring bola melewati Novan. Setelah itu, dia melepaskan tendangan keras kaki kanan yang gagal diantisipasi oleh Wahyu Tri.

Kembali tertinggal, Nilmaizar mulai mencoba strategi berbeda. Dia menarik Bepe dan memainkan gelandang-gelandang yang memliki kecepatan dan naluri menyerang tinggi. Cusell sedikit didorong ke depan untuk mengisi posisi Bepe. Hasilnya, pada menit ke-89 Mofu mencetak gol penyeimbang setelah menceploskan bola pantul hasil tendangan Irfan. Skor imbang 2-2 bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Menanggapi hasil ini, Nil terlihat cukup kecewa. Namun, dia mengapresiasi perjuangan anak didiknya. Meski gagal menang, imbang bukan hasil yang terlalu buruk menurutnya.

Dia justru melihat mental pemainnya terbangun, itu terbukti karena meski tertinggal akhirnya bisa menyamakan kedudukan. "Ini tidak buruk, kami dua kali tertinggal, tapi semangat anak-anak besar. Mereka kerja keras untuk menyamakan kedudukan," ucapnya.

Nil mengakui bahwa hasil ini merupakan hasil yang layak jika melihat keterbatasan pilihan pemain yang diberikan kepadanya. Dia yakin pada laga kontra Singapura 28 Desember mendatang, Timnas akan tampil lebih baik lagi.

"Kita tak bisa berbuat banyak. Kami hanya punya pilihan pemain ini. Mereka banyak pemain "muda dan minim pengalaman, tapi fighting spirit mereka yang terus berjuang sampai menit-menit akhir. Masih ada dua pertandingan lagi, kami akan maksimal di pertandingan itu," tuturnya.

Sementara itu, pelatih Laos Kokichi kimura menegaskan bahwa anak didiknya tak bisa meraih kemenangan hanya karena tidak beruntung. Dia melihat pemainnya memiliki peluang karena sukses menjalankan strategi.

"Anak-anak bermain dengan baik. Mereka bisa menunjukkan permainan cepat. Tapi, konsentrasi pemain-pemain muda kami masih sering lepas. Itu yang membuat kami tak bisa menang," terang pelatih asal jepang tersebut. (aam)

Klasemen grup B
1.Singapura  1    1    0    0    3-0    3
2.Laos          1    0    1    0    2-2    1
3.Indonesia   1    0    1    0    2-2    1
4.Malaysia    1    0    0    1    0-3    0

 Daftar Pencetak Gol
2 Gol : S. Ishak (Singapura)
1 Gol : Tan Tai (Vietnam), Kyi Lin (Myanmar), J.Pornsai, A.Kitpongsri (Thailand), P. Mulders (Filipina), R. Maitimo, V. Mofu (Indonesia), Sayavutthi, Liththideth (Laos), A. Duric (Singapura)

Data dan Fakta

Indonesia : 2 (1)
Gol : Raphael Maitimo (43") Vendry Mofu (89")
KM : Endra Prasetya (26")
KK : Hamdi Ramdhan (38"), Tonnie Cussel (55"), Wahyu Wijiastanto (62")
Pemain (4-4-2) : 22-Endra Prasetya (gk) 4-Nopan sasongko, 13-Wahyu Wijiastanto, 2-Hamdi Ramdhan/6-Fakhrudin Aryanto(71"), 3-Raphael Maitimo; 21-Andik Vermansah, 7-Taufiq, 33-Tonnie Cussel, 28-Okto Maniani/12-Wahyu Tri Nugroho(26") (gk); 20-Bambang Pamungkas/26-Vendry Mofu(26"), 10-Irfan Bachdim
Pelatih : Nil Maizar

Laos : 2 (1)
Gol : K.Sayavutthi (30" pen), K.Lithideth (79")
KM : S.Saysana (33")
KK : K.Lithideth (69")
Pemain (4-5-1): 1-S.Bounthisanh (pg); 12-P.Syvilay, 5-K.Hanvilay, 4-K.Souksavanh, 19-K.Namthaviksay; 7-S.Vongchiengkam, 13-V.Sayyabounsou/8- K.Lithideth (31"), 9-P.Phapouvanin/11-K.Sihavong (72"), 15-V.Sayyaboun/10-K.Sysomvang( 88"), 14-S.Saysana ; 20-K.Sayavutthi
Pelatih : Kokichi Kimura

Wasit : Lam Ng Kai (Hongkong)
Stadion Bukit Jalil
Cuaca : cerah

-------------------------- ----------------------------
 Malaysia : 0
Pemain (4-4-2) : 22-K.Che Mat (pg); 5-B.Umar, 27-Mohd.Shas, 7-Aidil Zafuan, 11-M.Muslim/2-M.Jasuli (60") ; 14-M.Zambri/25-W.Wan Noor (46"), 8-S.Rahim, 12-A.Rohidan/17-M.Rohd.Akil (78"), 16-S.Kunanlan; 10-M.Safe Sali, 9-N.Talaha
Pelatih : K.Rajagopal

Singapura : 3 (2)
Gol : S.Ishak (32",37"), A.Duric (75")
KK : H.Harun (24")
Pemain (4-1-3-2) : 1-I.Mahbud (pg); 16-D.Bennet, 5-B.Khaizan, 21-S.Baharudin, 3-Esah Nain20-I.Shah(69")/; 15-F.Mustafic; 7-Shi Jiayi/10-F.Nawaz (90"), 14-H.Harun, 8-S.Sulaiman; 17-S.Ishak/9-A.Duric (73"), 19-K.Amri

Wasit : V.Kovalenko (Uzbekistan)
Stadion Bulit Jalil
Cuaca : cerah
BACA ARTIKEL LAINNYA... Garuda Gagap di Bentrok Perdana

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler