Anggun Juri X Factor Indonesia

Bersama Ahmad Dhani dan Bebi Romeo

Kamis, 20 Desember 2012 – 06:19 WIB
Anggun. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
JAKARTA – Mulai 28 Desember, ajang pencarian bakat berlabel X Factor menyapa Indonesia melalui RCTI. Audisi di 10 kota Indonesia memang sudah berlangsung dan telah ditentukan 24 peserta. Acara tersebut bakal menarik karena konsepnya berbeda dari ajang pencarian bakat yang sudah atau sedang berjalan.

Penampil dituntut menjadi entertainer sejati karena bukan hanya olah vokal yang menjadi penilaian utama. Yang lebih menarik, para juri akan terlibat langsung dengan memberikan pelatihan serta coaching teknik-teknik vokal. Jadi, selain kontestan, para juri ikut ’’bertarung’’ menghasilkan penyanyi terbaik.

Empat juri yang akan saling sikut itu adalah Rossa, Anggun, Ahmad Dhani, dan Bebi Romeo. Mereka menyatakan sudah menyiapkan teknik tersendiri untuk menciptakan penyanyi ideal di mata juri. ’’Tanggung jawab juri sangat besar di sini. Nama baik kami menjadi taruhan,’’ ujar Dhani di Studio RCTI kemarin.

Acara tersebut sengaja menyajikan empat sosok juri yang berbeda untuk menciptakan iklim kompetisi baru dalam ajang pencarian bakat. Empat juri itu memiliki keragaman background dan pengalaman berbeda. Karena itu, bisa jadi dari X Factor muncul penyanyi yang Dhani atau Anggun banget.

Dhani menjelaskan, mereka berempat mencari penyanyi yang unik. Tentu saja, standar tersebut berbeda dari masing-masing juri karena bersifat subjektif. Karena itu, mereka terlibat langsung dalam menentukan kontestan yang lolos audisi. ’’Kami mengikuti prosesnya mulai awal. Jadi, tanggung jawabnya besar,’’ tegasnya.

Anggun punya alasan untuk mau menerima pinangan X Factor sebagai juri. Selain salah satu alasan untuk kembali ke Indonesia, dia ingin berbakti kepada negeri dalam dunia hiburan. Dia merasa sudah saatnya membidani lahirnya penyanyi baru Indonesia.

’’Di X Factor, bukan cuma penyanyi yang bersaing. Kami (juri) juga harus memberikan yang terbaik,’’ ujarnya. Meski tak menjelaskan bentuk treatment yang bakal diterapkan, Anggun menegaskan siap bersaing dengan Rossa, Dhani, dan Bebi Romeo.

Penyanyi yang menetap di Prancis itu sampai memilih tinggal sementara di Indonesia hingga acara tersebut selesai. Anggun merasa itulah cara yang tepat dan efektif untuk melahirkan penyanyi keren ketimbang bolak balik Jakarta–Prancis. Apalagi, dia kangen aneka masakan yang pedas.

Anggun juga menyatakan senang karena ini adalah pengalaman pertama dirinya menjadi juri dalam ajang musik. Sebelumnya, dia pernah menjuri, tapi untuk pemilihan Miss France. Saat disinggung kriteria penyanyi yang dicari, Anggun menegaskan bahwa itu sangat subjektif. Dia percaya pada demokrasi musik.

Maksudnya, setiap orang memiliki selera yang berbeda. Tapi, untuk tahu bakat atau suara bagus, semua pasti sama. Dia tidak akan memaksakan pandangannya ke tiga juri lain.

X Factor merupakan kompetisi serial TV yang franchise-nya dipegang Simon Cowell. Acara yang pertama ditayangkan di Inggris itu sudah diadaptasi di AS. Sejumlah artis ternama dilahirkan dari acara tersebut. Misalnya, Leona Lewis, Cher Lloyd, Alexandra Burke, dan One Direction. (dim/c5/ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tahun Baru Steven William Pilih Fokus Kerja Ketimbang Pacar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler