Angie Akui Kenalkan Rosa ke Pejabat Kemendiknas

Jumat, 14 Desember 2012 – 19:19 WIB
JAKARTA - Terdakwa kasus dugaan suap pembahasan anggaran proyek Kemendiknas, Angelina Sondakh mengakui bahwa dirinya memang mengenal Direktur Marketing Permai Grup, Rosa Manulang. Angie -sapaan Angelina- mengaku kenal Rosa melalui perantaraan Muhammad Nazaruddin.

Hal ini diungkapkan Angelina alias Angie dalam sidangnya dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (14/12). Namun, ia mengaku tidak mengenal dekat Rosa setelah diperkenalkan Nazaruddin. Oleh karena itu, ia membantah tuduhan telah membantu Rosa untuk menggiring proyek di 16 universitas yang ditangani Permai Grup.

Angie mengaku hanya pernah mengenalkan Rosa kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kemendiknas, Haris Iskandar di Plaza FX Senayan pada 2010. "Saya kan waktu dikenalkan sepintas. Nazaruddin hanya bilang itu teman dia. Saya hanya bantu dia ketemu Haris Iskandar," ujar Angie di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Sudjatmiko.

Namun Angie mengakui tidak tahu motif Rosa menemui Haris. Putri Indonesia 2001 itu mengatakan, dirinya hanya mengantar Rosa bertemu Haris di Plaza FX Senayan karena dekat dengan Kemendiknas.  Saat itu, kata Angie, ia langsung meninggalkan Rosa dan Haris dan memilih pergi bersama anak-anaknya ke tempat bermain.

Terang saja pengakuan Angie itu diragukan majelis. "Bagaimana bisa anda mengantarkan Rosa tapi enggak tahu apa motifnya bertemu Haris? Masa cuma mengantar saja?" tanya hakim.

Angie pun langsun menimpali pertanyaan majelis. "Rosa hanya bilang mau membahas masalah kampus, makanya saya antar. Saya tidak tahu apa yang dibahas. Apalagi Nazar yang minta supaya Rosa dipertemukan, jadi ya saya mau aja, enggak enak sama Nazaruddin," jawab Angie.

Hakim Sudjatmiko kembali menanyakan apakah pertemuan itu terkait proyek universitas yang sedang diajukan Dikti dalam pembahasan anggaran. Namun Angie mengaku tak tahu isi pembicaraan antara Rosa dan Haris.

"Saya niat baik saja karena kenal dengan Haris. Saya terus terang tidak mendalami, Rosa hanya minta diperkenalkan. Katanya ada masalah di kampus-kampus. Kalau motifnya Rosa saya tidak tahu," tukas Angie.

Ia bahkan mengaku tidak berpikiran negatif dengan maksud Rosa minta dikenalkan ke Haris. Tentu saja jawaban Angie tidak diterima oleh majelis yang tak percaya janda mendiang Adjie Massaid itu sekedar datang mengantarkan Rosa.

"Ya sudah terserah anda," kata Sudjatmiko seolah bosan menanyakan hal yang terus dibantah Angie.

Keterangan Angie ini bertolakbelakang dengan kesaksian Haris dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Kamis (18/10). Menurutnya, ia datang ke Plaza FX karena diundang Angelina.  Ia dikenalkan Rosa sebagai rekanan proyek oleh Angelina.

Haris menyebut untuk proyek universitas di wilayah Indonesia timur memang ditangani Angie. "Beliau memprovokasi untuk Indonesia Timur. Dia konsern-nya untuk Indonesia Timur," papar Haris lagi.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Korsel Akui Kiprah Hatta

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler