Angkasa Pura I Siapkan Rp500 miliar untuk Kembangkan Bandara Sentani

Senin, 14 Oktober 2019 – 13:36 WIB
PT Angkasa Pura (AP) I. Foto Ist

jpnn.com, JAKARTA - Angkasa Pura I akan segera melakukan pengembangan Bandara Sentani dalam waktu dekat, baik pengembangan di sisi udara (airside) maupun di sisi darat (landside).

Hal itu dilakukan setelah PT Angkasa Pura I resmi mengelola Bandara Sentani Jayapura melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dengan Kementerian Perhubungan RI. 

BACA JUGA: Angkasa Pura I Resmi Kelola Bandara Sentani Jayapura

Untuk tahap awal, Angkasa Pura I menyiapkan dana pengembangan sekitar Rp500 miliar untuk melakukan peningkatan PCN landas pacu (runway) agar pesawat berbadan besar bisa mendarat.

"Selain itu (pengembangan bandara Sentani-red) juga dalam mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

BACA JUGA: Lewat Bandara Yogyakarta, AP I Siap Dukung Kunjungan 1 Juta Wisman ke Borobudur

Selain itu juga akan dilakukan penataan dan pengembangan landside, baik terminal penumpang maupun area parkir kendaraan.

Untuk fasilitas sisi udara, Bandara Sentani memiliki landas pacu dimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller). 

Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler