Anies Kunjungi Ponpes Cibogo, Para Kiai di Cirebon Mendoakan AMIN Menang Pilpres 2024

Minggu, 10 Desember 2023 – 17:15 WIB
Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan (beserban hijau) bersilaturahmi dengan para kiai dan ulama di Ponpes Cibogo, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, CIREBON - Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan mengunjungi Ponpes Cibogo di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka melanjutkan safari kampanyenya, Sabtu (9/12/2023).

Menurut Anies, kunjungannya kepada para kiai maupun alim ulama di Cirebon itu untuk menjalin silaturahmi sekaligus meminta doa.

BACA JUGA: Anies Baswedan: Koruptor Harus Dimiskinkan

Kandidat presiden dari Koalisi Perubahan itu mengatakan dirinya memperoleh dukungan dari para kiai, alim ulama, dan sesepuh dari berbagai ponpes di Cirebon dan sekitarnya.

“Kami mendapatkan amanat yang cukup besar. Mohon doanya supaya amanat ini bisa menjadi amanat yang tidak berat, tetapi amanat yang ringan," kata Anies kepada wartawan di Ponpes Cibogo, Cirebon.

BACA JUGA: Bila jadi Presiden, Anies Bakal Terapkan Konsep Pasar AMIN

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu mengaku sangat bersyukur karena sempat mengunjungi lokasi yang menurutnya cukup bersejarah tersebut.

“Cirebon adalah salah satu simpul paling lama di dalam penyebaran islam di Nusantara. Di Cirebon inilah salah satu tempat di mana kegiatan syiar Islam berkembang sangat awal. Di masa daerah lain (pemeluk Islam) belum banyak, Cirebon itu sudah," tutur Anies.

BACA JUGA: Keluarga Besar Eyang Hasan dan Tokoh Kuningan Dukung Anies-Cak Imin

Mantan menteri pendidikan itu menegaskan hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya pesantren dan masjid yang tergolong cukup tua di Cirebon.

"Pondok ini juga memiliki keunikan karena semua disampaikan tanpa menggunakan sound system. Jadi, tadi pas berdoa tanpa sound system, begitu pula pas saya menyambut tadi," imbuh Anies.

Walakin, Anies menilai bahwa hal tersebut menjadi keunikan sendiri, bahkan menjadi tradisi di Cirebon. Dia juga mengaku bersyukur dengan doa dari para kiai.

“Kami bersyukur bisa berjumpa dengan begitu banyak kiai hari ini," pungkasnya.

Pengasuh Ponpes Cibogo K.H. Ma’dun bin Suyuti turut memanjatkan doa untuk Anies yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Menurut Kiai Ma’dun, para kiai mendoakan pasangan capres-cawapres yang dikenal dengan sebutan AMIN itu memenangi pilpres pada Februari mendatang.

Para kiai juga sepakat, untuk memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk menjadi Presiden Republik Indonesia dan bisa mendapatkan kemenangan dengan telak.

"Kami mewakili ulama-ulama seluruhnya sepakat untuk (mendukung) Pak Anies menjadi RI 1. Mudah-mudahan beliau menjadi orang yang amanah bagi bangsa dan negara. Mudah-mudahan menang," imbuh K.H. Ma’dun yang ditunjuk menjadi perwakilan para kiai tersebut.(jpnn.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Anies-Muhaimin Minta KPU Transparan dalam Siapkan Debat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler