Anies Serahkan Nasibnya ke Bos Partai

Jumat, 06 Juli 2018 – 06:37 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis (5/7). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalin pertemuan dengan Ketua MPR RI yang sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (5/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku tengah menunggu komando dari tiga ketua umum partai politik (parpol) terkait pencapresannya.

BACA JUGA: Dulu Mundur di Zaman Ahok, Sekarang Dilantik Anies Lagi

Untuk itu, Zulkifli Hasan langsung menjalin pertemuan empat mata dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Usai pertemuan dengan Zulkifli Hasan, Anies Baswedan mengaku ada pembicaraan politik antara dirinya dengan Zulkifli Hasan.

BACA JUGA: Satu Lagi Kepala Daerah Nyatakan Siap Menangkan Jokowi

Namun, tidak ada pembicaraan mengenai pencapresan 2019. Saat disinggung apakah ada tawaran dari Ketua Umum PAN soal pencapresan? Anies membantah.

”Nggak, nggak (tanya soal capres cawapres, Red), beliau nggak sampai ke situ,” kilahnya.

BACA JUGA: TGB Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad Sudah Tahu Duluan?

Dia mengaku, Zulkifli memberikan petuah terkait dinamika politik. ”Pak Zul tadi beri beberapa petuah-petuah, beberapa pesan dan beliau menceritakan tentang pentingnya kita semua ikut memperhatikan dinamika politik,” ujar Anies.

Sejatinya, kata Anies, nasibnya di Pilpres 2019 ditentukan oleh kesepakatan ketua umum seluruh partai koalisi pendukungnya di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Ada tiga ketua umum parpol yang bakal menentukan nasibnya di Pilpres 2019, yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKS Sohibul Iman, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

”Mengenai urusan capres itu wilayah parpol. Jadi Pak Zulkifli, kemudian Pak Prabowo, Pak Sohibul Iman dan Pak Salim (Segaf Al-Jufri selaku Ketua Majelis Syuro PKS, Red). Beliau yang menentukan,” imbuhnya.

Sebelum ada keputusan dari para pimpinan parpol tersebut, Anies mengklaim bakal fokus bertugas sebagai Gubernur DKI. Sebab, tidak elok mengambil sikap sebelum pihak yang mengusungnya di pilkada DKI mengambil kesimpulan.

Anies juga mengaku, terkejut diduetkan dengan Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2019. ”Iya saya juga kaget, kemarin itu sampai empat nama muncul,” selorohnya.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyatakan, Anies merupakan tokoh yang masuk radar capres PAN. ”Kalau dari internal PAN kan sudah ada 4 capres. Dari luar salah satu (Anies, Red),” ujar Zulkifli di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (5/7).

Empat nama capres internal PAN, sambung Zulkifli, adalah dirinya sendiri dan tiga eks Ketum PAN, yaitu Amien Rais, Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa. (aen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anies Mengaku Diserang Hoaks soal Rembuknas Aktivis 98


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler