Anis: PKS Bukan Pesawat Sukhoi

Senin, 04 Februari 2013 – 04:25 WIB
PADALARANG- Presiden PKS Anis Matta mengajak seluruh kadernya bangkit usai diterpa kasus Luthfi Hasan Ishaq. "Kita bukan manusia suci, tetapi peristiwa yang dialami keluarga besar PKS saat ini harus kita renungi dan sekarang waktunya kita untuk bangkit," ujar Anis dalam sambutannya di hadapan kader PKS dalam Konsolidasi PKS di Mansion Pine Hotel, Bumi Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (3/2).

Anis yakin, PKS bisa bangkit atau tidak tumbang seperti yang diungkapkan banyak pihak. Ia mengakui apa yang menimpa partainya tak mudah untuk dilalui. Kendati begitu dia yakin bisa melaluinya. "PKS bukan pesawat Sukhoi yang terjatuh lalu menabrak. Insyaallah PKS akan naik kembali," katanya.

Saat ini, jelasnya, PKS akan melakukan introspeksi ke dalam dan pembenahan struktural. “Dan kami tidak mau menyalahkan siapa-siapa atas kejadian saat ini," tuturnya.

Agenda pertama introspeksi internal itu, jelas Anis, dengan melakukan pertaubatan pengurus dan kader PKS. "Taubat harus kita lakukan," ucapnya. 
Selanjutnya, ia mengatakan akan segera melakukan pembenahan di internal partai. "Kita tidak bisa menyampaikan secara detail pembenahan internal seperti apa tetapi saya akan melakukan langkah cepat dalam waktu dekat ini," terangnya.

Anis menambahkan, belum memikirkan akan keluar atau tidak dari koalisi di pemerintahan sebab partainya saat ini masih fokus dalam memberikan pemahaman yang benar kepada para kader terkait apa yang tengah menimpa PKS. "Saya belum memikirkan PKS apakah akan keluar dari koalisi pemerintahan atau tidak.  Kami  akan  mempertahankan soliditas kader yang telah solid  dengan tidak memikirkan apa yang dikatakan orang lain,"tambahnya.

Anis mengutarakan, strategi untuk kembali meyakinkan publik bahwa PKS merupakan partai yang masih bisa dipercaya adalah dengan kader terjun langsung ke tengah masyarakat. "Katakan yang benar itu kepada masyarakat,” katanya.

Untuk di Jabar, dia yakin masyarakat Jabar akan mudah diajak bicara. Sebab secara historis masyarakatnya merupakan masyarakat terdidik, dan memiliki karakter dasar yang kuat dan sifat pengertian. "Sehingga masalah ini (kasus Lutfi) tidak akan mempengaruhi elektabilitas partai (di Jabar)," tuturnya.

Kunjungan Presiden PKS Anis Matta ke Jabar kemarin merupakan kunjungan pertamanya di Tanah Air usai menjadi Presiden PKS. Anis masih akan berkeliling ke berbagai daerah untuk memulai konsolidasi internal usai PKS mengalami goncangan hebat. Sedangkan kondolidasi PKS di Jabar kemarin dihadiri anggota fraksi DPR RI dan DPRD, serta perwakilan pengurus PKS di Jabar. (dep)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pojokkan Anas dengan Hasil Survei

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler