Anjing Pilihan Buwas, Bisa Mengendus dan Mendobrak Lemari Isi Ganja

Minggu, 28 Februari 2016 – 08:00 WIB
Komjen Budi Waseso blusukan cari anjing pelacak. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA—Kepala BNN Komjen Budi Waseso secara khusus blusukan ke Surabaya untuk mencari anjing pelacak berkualitas. Ia mendatangi kediaman pemilik anjing pelacak, Sugiharto Tandjung, di Kota Pahlawan, Sabtu (27/2).

Tidak hanya berkonsultasi, pria yang diakrab Buwas itu kemarin juga meninjau kandang penangkaran. Terdapat anjing-anjing dari berbagai jenis. Kebanyakan memang sudah terlatih.

BACA JUGA: Dikabarkan Punya Aset Rp 700 Triliun, Raja Terakhir Digerebek

 ”Untuk melatihnya, kami juga butuh pawang. Nanti kami sesuaikan. Kalau anjingnya seribu, ya kami cari seribu pelatih,” paparnya.

Mantan Kabareskrim Mabes Polri itu juga sempat melihat langsung keterampilan anjing dalam menemukan narkoba. Seekor anjing jenis herder berwarna cokelat memamerkan skill dengan perintah sang pawang. Si anjing mengitari beberapa lemari dan mengendus kolong meja. Tak lama berselang, moncongnya mendobrak pintu lemari tersebut. Ternyata, setelah dibuka, memang benar ada ganja yang dibungkus pipa.

BACA JUGA: Buwas: Taruh Saja 100 Anjing K-9 di Tempat Hiburan Malam!

Melihat peragaan itu, Buwas optimistis bahwa pasukan K-9 akan efektif untuk menunjang kinerja lembaga yang dipimpinnya. Dengan begitu, BNN bisa mempersempit ruang gerak bandar maupun pengedar narkoba.

Pada kesempatan terpisah, Sugiharto mengatakan bahwa langkah BNN sangatlah tepat. Apalagi, Buwas sreg dengan anjing lokal. ”Karena kemampuannya tidak kalah jauh,” tutur dia. (did/c11/fat/flo/jpnn)

BACA JUGA: Ssttt...Ini Cara Melawan LGBT

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasihan..Diselingkuhi, Diceraikan, Dianiaya...


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler