Antara Sapu Bersih Gelar dan Trofi Pertama

Jumat, 27 Agustus 2010 – 05:45 WIB
SUKSES - Para anggota tim Inter Milan bersama putra-putrinya di lapangan, saat merayakan perolehan trofi Liga Champions, beberapa bulan lalu. Foto: Getty Images/UEFA.com.
INTER Milan dan Atletico Madrid bukan tim amatir di kompetisi antarklub di benua biruNamun, untuk urusan Piala Super Eropa, mereka sama-sama berstatus debutan

BACA JUGA: Lorenzo Buru Kesempurnaan di AS

Sebab, even yang mempertemukan juara Liga Champions versus kasta kedua kompetisi Eropa ini baru digeber pada 1973, tujuh tahun setelah Inter memenangi Piala Champions
Sedangkan Atletico baru musim lalu merebut gelar Europa League.

Nah, dalam kondisi itulah kedua tim bentrok dalam Piala Super Eropa edisi ke-35 dini hari nanti

BACA JUGA: Tanpa Allenatore Lokal Kelas Dunia

Sebagai juara dari kasta yang lebih tinggi, Inter sedikit lebih diunggulkan atas Los Rojiblancos, sebutan Atletico
Terlebih, mereka sudah mengantongi bekal kepercayaan diri, yakni kemenangan 3-1 atas AS Roma yang mengantar mereka menjuarai Piala Super Italia.

"Secara umum, ini adalah hal baru bagi Inter

BACA JUGA: Telkomvision Siarkan Serie A dan Liga Primera

Terlebih bagi saya, yang belum pernah mendapat kesempatan bermain di Piala Super," jelas Javier Zanetti, kapten Inter, dalam wawancara dengan situs resmi UEFA"Ini pengalaman pertama buat tim, sehingga kami semua pastinya ingin menang atas Atletico," imbuhnya.

"Partai ini sekaligus menandai dimulainya musim baru Inter, dan kami ingin mendapatkan tahun yang penuh kesuksesan lagiKalau bisa memenangi trofi Piala Super Eropa, kepercayaan diri kami akan meningkat pesat," lanjut gelandang bertahan asal Argentina tersebut.

Dalam laga yang dihelat di Stade Louis II, Monaco itu, pelatih Inter Rafael Benitez bisa membawa 21 pemainDua pemain yang sudah pasti absen adalah Thiago Motta yang baru saja menjalani operasi lutut, serta Davide Santon, yang juga sedang berkutat dengan cederaSedangkan pilar penting lain seperti Maicon, Wesley Sneijder, serta Samuel Eto'o, siap untuk bermain.

Namun, kehilangan dua pemain saja tidak akan membuat Benitez kehilangan kepercayaan diriPasalnya, dia sudah sering bongkar pasang skuad selama tur pramusimFaktanya, Inter sukses memenangkan laga melawan tim-tim besar macam Manchester City dan Juventus.

Sedangkan skuad Atletico belum sepenuhnya terujiMereka hanya memetik tiga kemenangan dari empat uji cobaSemuanya dipetik atas tim gurem dan amatirSekalinya menghadapi sesama tim besar, Mallorca, Diego Forlan dkk langsung takluk 2-3 (14/8)Kedatangan pemain baru seperti defender Diego Godin dan gelandang Fran Merida, disebut-sebut sebagai salah satu faktor belum solidnya penampilan Atletico belakangan ini.

Namun, kubu Atleti - sebutan lain Atletico - mencoba mengabaikan hasil-hasil uji coba yang kurang memuaskan tersebut"Memang, pramusim kami tidak terlalu bagusTapi tidak masalahYang paling penting, kami sudah bekerja keras di lapangan untuk memperbaiki semua kesalahan," tutur Sergio Aguero, bomber Atleti, kepada Goal.

"Ini adalah laga resmi pertama kami musim ini, dan sudah langsung finalKami tidak mendapatkannya setiap musimFakta bahwa kami sangat termotivasi juga tidak boleh diabaikan," imbuh menantu Diego Maradona itu.

Di sisi lain, Sanchez-Flores malah senang dengan status underdog yang disematkan kepada timnyaMenurutnya, itu membuat anak buahnya tampil tanpa beban"Salah satu keuntungan buat kami, laga ini hanya satu leg," ucapnya kepada Reuters.

"Saya melihat laga ini sebagai epilog dari musim laluSaya menuntut hasil bagus dari anak buah saya, dan kami tidak boleh membiarkan acara pesta menjadi pemakaman, apapun yang terjadi," paparnya"Senin besok (30/8), kami akan tampil di laga pertama Liga Primera dengan lebih termotivasi," lanjut pelatih berusia 39 tahun tersebut(na/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Inter Milan (4-3-3): 1-Julio Cesar (g); 13-Maicon, 6-Lucio, 25-Walter Samuel, 26- Chivu; 4-Zanetti, 10-Sneijder, 19-Cambiasso; 9-Eto'o, 22-Milito, 27-Pandev
Pelatih: Rafael Benitez

Atletico Madrid (4-4-2): 13-David de Gea (g), 17-Ujfalusi, 25-Godin, 18-Alvaro, 24-Felipe Luis; 19-Reyes, 12-Assuncao, 8-Raul Garcia, 11-Merida; 7-Forlan, 10-Aguero
Pelatih: Quique Sanchez Flores

Stadion: Stade Louis II, Monaco
Wasit: Massimo Busacca (Swiss)

Empat Laga Terakhir

Inter Milan
03/08/10    v Panathinaikos (netral)         2-3  (uji coba)
05/08/10    v FC Dallas (netral)                 2-2  (uji coba)
13/08/10    v Juventus (netral)                   1-0  (Trofi TIM)
21/08/10    v AS Roma (netral)                  3-0  (Piala Super Italia)

Atletico Madrid
17/07/10    v Alcala (away)                         2-8  (uji coba)       
24/07/10    v Real Betis (away)                 1-2  (uji coba)
01/08/10    v Thailand All Stars (away)    0-3  (uji coba)
14/08/10    v Mallorca (away)                     3-2  (Trofi Ciudad de Parma)

Di atas kertas
Secara keseluruhan, Inter jauh lebih siap menghadapi laga ini daripada AtleticoMereka memenangi hampir semua laga pramusim, termasuk Piala Super Italia melawan RomaSementara Atletico belum teruji, dengan hanya menang tiga kali dari empat uji cobaMenilik kondisi umum tim, Inter pantas diunggulkan.

Bursa Asian Handicap
0 : 1/2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nerazzurri Masih Tetap Terfavorit


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler